PENGARUH PENGUNGKAPAN RISIKO KUANTITATIF TERHADAP INITIAL RETURN PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BEI PERIODE 2015-2018

Pamungkas, Wahyu Jati (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN RISIKO KUANTITATIF TERHADAP INITIAL RETURN PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BEI PERIODE 2015-2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA22096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara perusahaan dalam memperluas bisnis dan mengembangkan usahanya adalah dengan melakukan go-public. Investor memiliki kesempatan untuk berinvestasi dan mendapatkan return dari proses IPO yang dilakukan oleh emiten. Informasi keuangan yang diungkapkan perusahaan dalam prospektus dan laporan keuangan menjadi hal penting bagi investor dalam menilai risiko dan menentukan keputusan investasi yang akan diambil. Dalam hal ini, risiko yang dihadapi oleh perusahaan akan mempengaruhi penilaian investor dalam menentukan keputusan investasinya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh risiko kuantitatif terhadap initial return perusahaan yang melakukan IPO. Variabel independen yang digunakan adalah current ratio, debt to equity ratio, return on equity, ukuran perusahaan, ukuran penawaran, dan sales growth. Variabel dependen yang digunakan adalah rasio initial return. Sampel penelitian ini adalah 112 perusahaan yang melakukan IPO di BEI periode 2015-2018 yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Pengujian ini dilakukan dengan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, return on equity, ukuran perusahaan, dan sales growth tidak berpengaruh terhadap inital return, sedangkan leverage berpengaruh positif dan ukuran penawaran berpengaruh negatif terhadap initial return.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: likuiditas, leverage, return on equity, ukuran perusahaan, ukuran penawaran, sales growth, initial return.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:33
Last Modified: 12 Feb 2020 07:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item