LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SITINJO RESORT DI KAWASAN TAMAN WISATA IMAN SITINJO KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA

MUNTHE, YUSTIKA SURYA (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SITINJO RESORT DI KAWASAN TAMAN WISATA IMAN SITINJO KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA16281.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pariwisata adalah salah satu sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu aset yang di gunakan sebagai sumber yang menghasilkan bagi Bangsa dan Negara. Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan salah satu aset Kabupaten Dairi yang dapat digunakan sebagai sumber penghasilan bagi penduduk setempat maupun pemerintah. Taman Wisata Iman merupakan magnet bagi para wisatawan baik domestic maupun mancanegara karena selain menawarkan potensi alam, disana juga terdapat wisata rohani 5 agama yang ada di Indonesia. Banyak kegiatan yang dapat berlangsung tidak hanya berlangsung satu hari saja, sehingga membutuhkan tempat untuk menginap. Di kawasan ini sendiri sangat minim akomodasi/hotel, serta fasilitas di hotel/penginapan yang sudah ada cenderung kumuh sehingga butuh di perbaiki. Melihat pengunjung yang setiap tahun meningkat, dan potensi alam yang sangat bagus, maka dibutuhkan tempat untuk menginap yang lebih layak dan nyaman bagi pengunjung, dan juga berfungsi meningkatkan potensi wisata yang sudah ada dengan adanya fasilitas baru ini. Resort berbintang 3 yang berkonsep arsitektur Ekologi di harapkan dapat memberikan kenyamanan dan juga suasana wisata yang unik, dengan penyelarasan dengan lingkungan sekitar, pada penataan ruang dalam dan penataan ruang luar dan juga tampilan bangunan. Diharapkan juga bahawa dengan adanya Resort ini dapat mendukung perekonomian dan perkembangan daerah kawasan Taman Wisata Iman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taman Wisata Iman, Resort, Arsitektur Ekologi, Pariwisata
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:31
Last Modified: 13 Feb 2020 02:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21383

Actions (login required)

View Item View Item