PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA

KARTIKA ADI LAKSMANA, PAULINE LUCCIANE (2019) PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI08355.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan LB3 yang baik dan benar sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 101 Tahun 2014 di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Data yang digunakan merupakan data primer yang didapatkan dari hasil observasi serta wawancara dan data sekunder yang merupakan dokumen arsip dari Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Analisis pengelolaan LB3 yang dilakukan mengacu pada pedoman Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 101 Tahun 2014 yang meliputi 9 tahapan yaitu penetapan LB3, pengurangan LB3, penyimpanan LB3, pengumpulan LB3, pengangkutan LB3, pemanfaatan LB3, pengolahan LB3, analisis Proper, dan time frame IKL yang didapat dari Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Proses pengerjaan skripsi dimulai dari penyusunan protokol etik penelitian kesehatan di komisi etik fakultas kedokteran UKDW, yang selanjutnya terbit Ethical Clearance atau kode layak etik yang menjadi syarat utama penelitian di industri medis. Instrumen penelitian berupa lembar chekclist yang diisi bersama para koordinator bidang instalasi kesehatan lingkungan. Data LB3 yang didapat pada Rumah Sakit Bethesda yaitu limbah padat yang meliputi padat umum dan padat medis, sedangkan limbah cair meliputi cair umum, cair kitchen, dan cair laundry. Kemasan LB3, simbol dan label LB3, dan timbangan terkalibrasi yang digunakan sudah sesuai peraturan perundangan. Pengangkutan oleh pihak ketiga berizin juga sudah dilaksanakan Rumah Sakit Bethesda dengan sangat professional. Pengolahan LB3 menggunakan insinerator merupakan Rumah Sakit satu-satunya di Yogyakarta yang mempunyai izin. Selain itu juga dilakukan analisis Proper yang merupakan data temuan ketika observasi sehingga menjadi analisis tambahan. Rumah Sakit Bethesda berhasil mendapatkan proper tingkat biru sejak tahun 2011 dan mempertahankan selama 7 tahun lebih (hingga sekarang). Maka dari itu dilakukan penyusunan time frame guna mengetahui kunci sukses dalam mempertahankan penghargaan sehingga dapat menjadi pedoman bagi rumah sakit lainnya di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan LB3, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 101 Tahun 2014, Insinerator, Proper.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:36
Last Modified: 17 Feb 2020 06:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item