ANALISIS REAKSI PASAR DI SEKITAR PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 - 2017

Dewi, Adita Sangga (2019) ANALISIS REAKSI PASAR DI SEKITAR PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 - 2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21427.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali penelitian sebelumnya, apakah abnormal return di sekitar pengumuman merger dan akuisisi merupakan informasi yang penting bagi para investor yang menyebabkan investor bereaksi. Reaksi pasar dilihat melalui perubahan harga saham yang diukur dengan abnormal return. Variabel dalam penelitian ini adalah abnormal return yang dihitung menggunakan market model, yang digunakan untuk mengestimasi expected return. Periode jendela yang digunakan adalah 41 hari, 20 hari sebelum pengumuman, pada saat pengumuman, dan 20 hari setelah pengumuman merger dan akuisisi. Sedangkan untuk periode estimasi adalah 200 hari. Periode estimasi ini digunakan untuk menghitung expected return dari masing-masing saham. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan pengumuman merger dan akuisisi yang terdaftar di BEI tahun 2011 – 2017 dengan jumlah 51 perusahaan. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 sampel perusahaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis data adalah One-Sample Kolmogorov- Smirnov yang digunakan untuk uji normalitas data dan One-Sample T Test untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat abnormal return di sekitar pengumuman merger dan akuisisi. Kata kunci: Reaksi Pasar, Pengumuman Merger dan Akuisisi, Abnormal Return,Kandungan Informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reaksi Pasar, Pengumuman Merger dan Akuisisi, Abnormal Return,Kandungan Informasi.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:23
Last Modified: 18 Feb 2020 02:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item