ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP SISTEM PEMBELIAN BAHAN BAKU KULIT PADA PT MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL

Wardhani, Cornelia Putri (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP SISTEM PEMBELIAN BAHAN BAKU KULIT PADA PT MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA22012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pengendalian internal pada siklus pembelian bahan baku kulit pada PT Mandiri Jogja Internasional karena bahan baku kulit merupakan bahan baku utama yang digunakan dalam proses produksi sehingga dibutuhkan pengendalian yang tepat. Penelitian ini mendapatkan data dari sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak-pihak yang berperan dalam prosedur pembelian bahan baku kulit dan observasi langsung terkait prosedur pembelian bahan baku kulit. Sementara untuk data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen dan catatan yang dimiliki perusahaan yang terkait dengan pembelian bahan baku kulit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana sifatnya menguraikan, menggambarkan serta membandingkan data dan keadaan pada prosedur pembelian bahan baku kulit pada PT Mandiri Jogja Internasional dengan teori yang sudah ada untuk mendapatkan kesimpulan. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian pengendalian (Test of Control) dan pengujian kepatuhan (Compliance Test). Uji pengendalian dilakukan dengan memahami dan menganalisis 5 komponen pengendalian internal perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan uji kepatuhan dengan menginspeksi dokumen-dokumen dan catatan yang digunakan dalam prosedur pembelian bahan baku kulit menggunakan metode attribute sampling dengan uji populasi. Kedua uji tersebut dilakukan untuk melihat apakah pengendalian internal perusahaan sudah efektif atau belum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal sistem pembelian bahan baku kulit pada PT Mandiri Jogja Internasional bisa dikatakan cukup efektif. Kelima komponen pengendalian internal sudah dijalankan dengan baik dan hasil dari inspeksi dokumen-dokumen dan catatan yang terkait dengan pembelian bahan baku kulit telah dipatuhi. Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal, Pembelian Bahan Baku Kulit, Pengujian Pengendalian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Pembelian Bahan Baku Kulit, Pengujian Pengendalian.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:40
Last Modified: 18 Feb 2020 06:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item