PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015–2017

Puspitasari, Verlita (2019) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015–2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA22355.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kemungkinan adanya penghindaran pajak yang dilakukan di dalam struktur kepemilikan yang terkonsentrasi dengan objek penelitian yaitu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kecuali perusahaan yang tergabung dalam sektor keuangan selama periode 2015-2017. Sampel penelitian ini sebanyak 147 laporan tahunan peusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017 yang dipilih menggunakan purposive sampling. Metode analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan keluarga dan kepemilikan pemerintah berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, sedangkan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Selain itu, kualitas audit sebagai variabel moderasi mampu memoderasi adanya pengaruh struktur kepemilikan keluarga, asing, dan pemerintah terhadap penghindaran pajak. Kata kunci: kepemilikan keluarga, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah,kualitas audit, dan penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepemilikan keluarga, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah,kualitas audit, dan penghindaran pajak.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:27
Last Modified: 19 Feb 2020 01:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item