MODEL KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOMPOR BATIK LISTRIK DENGAN TEKNIK ANP

Sanjaya, Randi Eka (2020) MODEL KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOMPOR BATIK LISTRIK DENGAN TEKNIK ANP. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI08269.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan ekonomi global, kita dapat menjumpai kreatifitas dalam dunia industri yang disebut dengan industri kreatif. Pada konteks tersebut, batik merupakan salah satu bentuk kesenian yang telah berkembang jauh hingga termasuk kedalam sektor industri kreatif. Melihat fenomena tersebut, peneliti melakukan penelitian di PT. Putra Multi Cipta Teknikindo (PT. PMCT). Sebagai salah satu pelaku industri kreatif batik, PT. PMCT merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi alat membatik dengan produk unggulan kompor batik cap dan tulis tenaga listrik, serta canting dengan tenaga listrik. Dalam memasarkan produk utamanya, PT. PMCT telah memasarkan kompor batik listrik pada pengrajin batik dan institusi pendidikan melalui media online dan mengikuti ajang pameran dari pemerintah. Namun perusahaan belum memiliki pendapatan bulanan yang stabil. Saat ini, kegiatan membatik telah dilaksanakan pada lingkungan pendidikan dengan nama muatan lokal. Keberadaan muatan lokal berpotensi menempatkan institusi pendidikan sebagai target prioritas pemasaran PT. PMCT. Hal ini didukung dengan pemesanan produk yang banyak berasal dari institusi pendidikan. Melihat permasalahan dan peluang tersebut, penelitian dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk dengan melakukan kegiatan pemasaran pada institusi pendidikan serta melestarikan budaya membatik dengan merumuskan model keputusan penerapan prioritas strategi pemasaran pada pasar institusi pendidikan di Yogyakarta. Dalam menstrukturkan keputusan, peneliti menggunakan teknik Analytical Network Process (ANP) dengan struktur keputusan Benefits, Opportunities, Costs, Risks (BOCR). Alternatif yang disepakati meliputi pengembangan produk, media online, promosi fisik, dan strategi sosial. Dari struktur tersebut, terdapat beberapa cluster yakni sosial ekonomi, kompetisi, daya tarik pasar, karakteristik konsumen, lingkungan, teknis, dan sosial. Lebih lanjut, terdapat serangkaian kriteria pada setiap sub network, yang pertama pada benefits meliputi kemauan untuk membeli produk, perekrutan SDM pemasaran, pengukuran performansi, dan kepuasan. Kemudian pada opportunities meliputi budaya sosial, prospek dunia pendidikan di masa depan, kesetiaan pada produk, regulasi, kapabilitas dalam berkomunikasi, fleksibilitas, ekstensibilitas, serta institusi pendidikan. Lebih lanjut, pada costs, terdapat kriteria biaya SDM, biaya strategi pemasaran, dan biaya transportasi, dan pada sub network risks terdapat kriteria regulasi, dampak buruk dari strategi pemasaran, kesalahan dalam pelaksanaan, serta citra perusahaan. Dari model keputusan, data di lapangan, dan analisis data yang dilakukan, peneliti memperoleh prioritas pelaksanaan strategi pemasaran yakni pengembangan produk, promosi fisik, strategi sosial, kemudian media online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model keputusan, strategi pemasaran, alat batik, ANP.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:50
Last Modified: 02 Mar 2020 04:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item