PENGARUH DIMENSI VISUAL MERCHANDISING TERHADAP PERHATIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta)

Widowati, Stephanie Asri (2020) PENGARUH DIMENSI VISUAL MERCHANDISING TERHADAP PERHATIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM 20921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perhatian konsumen yang tinggi pada produl/jasa atau toko merupakan salah satu faktor dasar yang akan mempengaruhi keberhasilan dalam suatu usaha. Oleh sebab itu maka setiap perusahaan harus mempu melakukan berbagai macam strategi untuk meningkatkan perhatian konsumen. Visual merchandising merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat diadopsi untuk meningkatkan perhatian konsumen. Visual merchandising terdiri dari dimensi window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, desain interior. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, desain interior terhadap perhatian konsumen, dan 2) Menguji perbedaan penilaian konsumen pada variabel window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, desain interior dan perhatian konsumen pada Hamzah Batik Malioboro berdasarkan karakteristik konsumen. Penelitian dilakukan pada 200 orang konsumen yang mengetahui dan sudah pernah mengunjungi minimal 1 kali di Hamzah Batik Yogyakarta Cabang Malioboro. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif, analisis regresi, analisis Independen Sample t-Test dan analisis Oneway Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsumen memiliki penilaian yang baik atau tinggi pada variabel atau dimensi window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, desain interior, dan perhatian konsumen; 2) Window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, dan desain interior secara signifikan memiliki pengaruh yang positif dan sifnifikan terhadap perhatian konsumen pada Hamzah Batik Yogyakarta Cabang Malioboro, 3) konsumen perempuan dengan tingkat pendapatan yang semakin tinggi memiliki penilaian yang lebih baik pada window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, dan memiliki perhatian yang lebih tinggi/baik pada Hamzah Batik Yogyakarta Cabang Malioboro.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: visual merchandising, window display, tata letak toko, warna & pencahayaan, desain interior, dan perhatian konsumen.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:06
Last Modified: 03 Mar 2020 06:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21523

Actions (login required)

View Item View Item