FRAUD DIAMOND SEBAGAI PENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL TATEMENT : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2018

Hendratama, Christian Galuh (2020) FRAUD DIAMOND SEBAGAI PENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL TATEMENT : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA 21955.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh fraud diamond sebagai pendeteksi fraudulent financial statement pada Perusahaan Perbankan yang Listed di Bursa Efek Indonesia (BEI). Objek penelitian ini perusahaan perbankan yang kemudian untuk pemilihan sampelnya menggunakan purposive sampling method sehingga sampel yang digunakan berjumlah 55 sampel dari 11 perusahaan sektor perbankan yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Metode tersebut digunakan untuk menguji indikator fraud diamond sebagai pendeteksi fraudulent financial statement. Uji regresi linear berganda dan uji normalitas dilakukan dengan program STATA Ver.13 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel tekanan yang diproksikan dengan tingkat kinerja (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap fraudulent financial statement, sedangkan variabel peluang yang diproksikan dengan effective monitoring (BDOUT), variabel rasionalisasi yang diproksikan dengan pergantian kantor akuntan publik (KAP), dan variabel kemampuan yang diproksikan dengan financial stability (CAR) tidak berpengaruh terhadap fraudulent financial statement.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fraud Diamond, Fraudulent Financial Statement, Manajemen Laba.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:33
Last Modified: 04 Mar 2020 04:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item