PENGARUH PERGANTIAN AUDITOR, RETURN ON ASSETS DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP TIMELINESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2017

Christanti, Maria Nadya Bella (2019) PENGARUH PERGANTIAN AUDITOR, RETURN ON ASSETS DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP TIMELINESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA 21809.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu ukuran kualitas pelaporan keuangan adalah ketepatan waktu (timeliness). Perusahaan yang telah go public wajib menyampaikan laporan keuangan yang telah diaudit kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Laporan keuangan harus disampaikan paling lambat pada akhir bulan ketiga setelahtanggal laporan keuangan tahunan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberikan sanksi kepada perusahaan yang terlambat menyampaikan laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pergantian auditor, return on asset dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap timeliness. Penelitian dilakukan pada Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2017. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 68perusahaan manufaktur. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergantian auditor berpengaruh negatif terhadap timeliness, return on assets berpengaruh positif terhadap timeliness dan debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap timeliness.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Timeliness, Pergantian auditor, Return on asset, Debt to equity ratio
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Mar 2020 06:36
Last Modified: 06 Mar 2020 06:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item