PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, PERGANTIAN MANAJEMEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014 – 2018

Poernomo, Risanda Intan (2019) PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, PERGANTIAN MANAJEMEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014 – 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA 21787.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Auditor independen berperan sebagai penengah agent dan principle yang berbeda kepentingan. Auditor independen juga berfungsi untuk mengurangi biaya agensi yang timbul dari perilaku mementingkan diri sendiri oleh agen (manajer). Sehingga, untuk mencegah hilangnya independensi auditor tersebut pemerintah mengatur kewajiban rotasi auditor (Aprillia, 2013). Cameran et al. (2009) dalam Setiadamayanthi dan Wirakusuma (2016) menyatakan bahwa pergantian auditor (auditor switching) yang dilakukan oleh perusahaan merupakan suatu solusi potensial yang diambil untuk mengatasi kemungkinan masalah menurunnya kualitas audit yang disebabkan oleh masa audit yang panjang. Saat ini tidak ada pembatasan pemberian jasa audit oleh Kantor Akuntan Publik setelah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015. Pemberian jasa audit atas informasi keuangan historis terhadap suatu entitas oleh seorang Akuntan Publik dibatasi paling lama untuk 5 (lima) tahun buku berturutturut sedangkan untuk Kantor Akuntan Publik tidak ada pembatasan mengenai lama waktu pemberian jasa audit. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh debt to equity ratio, pergantian manajemen dan ukuran perusahaan terhadap auditor switching. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2018. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap auditor switching, pergantian manajemen berpengaruh terhadap auditor switching dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap auditor switching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Auditor switching, Debt to equity ratio, Pergantian manajemen, Ukuran perusahaan
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Mar 2020 06:58
Last Modified: 06 Mar 2020 06:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item