Widijantoro, Johanes and Widiyastuti, Y. Sari Murti and Harsiwi, Th. Agung M. (2020) Pemetaan Masalah Perlindungan Konsumen dalam Perspektif Konsumen dan Pelaku Usaha. Cahaya Atma Pustaka, Kelompok Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-7821-96-5
|
Text
Pemetaan PK 10 maret_1.9M.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Image
penerbit buku.jpeg Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
Abstract
Masalah Perlindungan Konsumen sebenarnya berakar pada Kebijakan Konsumen. Kebijakan Konsumen (Consumer Policy) setidaknya meliputi 3 (tiga) hal pokok yaitu: (1) Kebijakan Perlindungan Konsumen; (2) Kebijakan Persaingan Usaha; dan (3) Kebijakan Pemberdayaan Konsumen. Kebijakan Perlindungan Konsumen diperlukan karena adanya disparitas/ kesenjangan hubungan antara konsumen dan pelaku usaha dalam hal: daya tawar; pengetahuan atas produk; dan akses ke sumber daya. Sementara Kebijakan Persaingan Usaha diperlukan guna penciptaan pasar yang bersaing secara fair (fair competition) dan menekan praktik persaingan curang. Kebijakan persaingan yang efektif pada akhirnya menguntungkan konsumen. Sementara itu, Kebijakan Pemberdayaan Konsumen juga harus diambil dan diimplementasikan sebagai upaya memperkuat daya tawar dan kesadaran (hukum) konsumen sehingga mampu (setidaknya) melindungi dirinya sendiri dari praktik usaha yang tidak sehat dan berpotensi merugikan kepentingan konsumen. Penulisan ini dilatarbelakangi adanya kehendak penulis untuk menyajikan berbagai permasalahan perlindungan konsumen dan persaingan usaha yang ditemukan dan terjadi di DIY sehingga dapat menjadi masukan bagi pengambil kebijakan khususnya, agar dapat mengambil kebijakan perlindungan konsumen dan persaingan usaha yang lebih baik. Buku ini tersusun dan diolah dari hasil riset yang didukung pendanaannya oleh Direkt orat Jenderal Pe ndidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) tahun 2013 dan 2014. Di samping itu, sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah dan diseminasi kepada masyarakat, maka hasil kajian yang tersaji dalam buku ini telah disampaikan dalam forum seminar untuk memperoleh masukan dan tanggapan yang konstruktif untuk penyempurnaannya agar dapat memberi manfaat bagi semua pihak terkait serta memberi sumbangan pada upaya perlindungan konsumen yang lebih baik di Indonesia.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Hukum > Ekonomi Bisnis |
Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Admin Perpustakaan UAJY |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 04:45 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 04:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21608 |
Actions (login required)
View Item |