Sundoro, Bekti Tandaningtyas and Suwandi, Sarwiji and Setiawan, Budhi (2018) Pemakaian Basa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMK (Kajian Sosiolinguistik). JURNAL GRAMATIKA, 4 (1). pp. 24-36. ISSN 2442-8485
|
Text
Jurnal Gramatika.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif tentunya akan memberikan dampak yang baik pula pada perkembangan pengetahuan dan keterampilan berbahasa siswa.Penelitian mengenai alih kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dapat memberikan gambaran mengenai situasi terkini penggunaan bahasa Indonesia baik di lingkungan sekolah mapupun di kelas. Gambaran situasi tersebut, dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat strategi dan metode pembelajaran bahasa Indonesia.Penelitian alih kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan:(1) wujud alih kode dan (2) faktor penyebab terjadinya alih kode yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Banyumas. Data dalam penelitian ini berupa data tertulis mengenai peristiwa tutur berupa alih kode guru dan siswa yang muncul pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Banyumas.Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan analisis dokumen.Teknik validitas data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data dan review informan. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan cakap.Analisis data dengan menggunakan metode padan intralingual.Wujud alih kode yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X dan XI SMK Negeri 1 Banyumas berupa alih kode ekstern, yaitu
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemakaian Bahasa, Alih Kode, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Banyumas |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan UAJY |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 06:04 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 04:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21611 |
Actions (login required)
View Item |