PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, PROFITABILITAS PERUSAHAAN, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT FEE (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Kompas 100 Periode 2016-2018)

Wandri Yakob, Sianipar (2020) PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, PROFITABILITAS PERUSAHAAN, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT FEE (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Kompas 100 Periode 2016-2018). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
15 04 22135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompleksitas perusahaan, profitabilitas perusahaan, dan ukuran KAP pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Kompas 100. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Indeks Kompas 100. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Teknik dilakukan dengan mengambil sampel dari beberapa populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Uji Asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji koefisien determinasi, uji F, uji t. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kompleksitas perusahaan dan ukuran KAP berpengaruh signifikan terhadap audit fee sedangkan variabel profitabilitas perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap audit fee. Terdapat implikasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan diharapkan memisahkan auditor perusahaan induk dengan anak perusahaan, perusahaan memberikan informasi yang lengkap kepada auditor khususnya informasi keuangan dan penentuan besarnya audit fee dipengaruhi oleh internal perusahaan dan Kantor Akuntan Publik yang digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompleksitas perusahaan, profitabilitas perusahaan, ukuran KAP, audit fee
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:44
Last Modified: 04 Jun 2020 04:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21756

Actions (login required)

View Item View Item