PENILAIAN LAYANAN JASA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA DI MATA MASYARAKAT SEBAGAI PENGGUNA JASA

Marhaendra , Gama (2006) PENILAIAN LAYANAN JASA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA DI MATA MASYARAKAT SEBAGAI PENGGUNA JASA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM09828.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM09828.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM09828.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM09828.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4EM09828.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara mikro, penelitian ini disusun untuk mengetahui bagaimana pelayanan jasa yang dilakukan Kepolisian Republik Indonesia. Secara makro penelitian bertujuan untuk menguji dimensi-dimensi pemasaran jasa. Bangunan teoritisnya mulanya disusun oleh Parasuraman dan dikembangkan kemudian oleh para peneliti lain yang tertarik dengan pemasaran jasa. Secara umum, ada lima dimensi yang menjadi ukuran menilai pemasaran jasa yaitu : tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode pencarian data empirik dilakukan dengan kuisioner SERVQUAL yang telah dimodifikasi. Sedang untuk menunjang penelitian beberapa literatur dihadirkan. Satu hipotesa dibangun sebenarnya lebih `membatasi' keluasaan dari topik yang sebenarnya merupakan daerah jelajah `baru' bagi ilmu pemasaran. Hasil data diolah kemudian dengan arithmatic mean dan uji-t. Hasil yang didapat dari pengambilan data menunjukkan bahwa masyarakat cenderung untuk melihat apa yang terlihat sebagai parameter. Dengan memakai arithmetic mean ditemukan bahwa keseluruhan dimensi dinilai netral oleh masyarakat. Ketika diolah menggunakan uji-t maka hanya dimensi tangibles saja yang mengatakan bahwa penilaian pelayanan jasa Kepolisian RI adalah balk. Hal ini menarik untuk dikembangkan lebih lanjut secara berkala karena untuk jenis jasa yang tak terasakan langsung manfaatnya atau berada di sebelah kanan dari skala jenis jasa yang dirumuskan oleh McDougall dan Snetsinger. Hal ini jugs menjadi ancang-ancang awal dalam membangun sebuah variabel-variabel baru dalam pemasaran jasa di masa mendatang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Epistemologi Ilmu, Pemasaran Jasa, Kepolisan RI
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jun 2013 08:30
Last Modified: 13 Jun 2013 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item