PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KOMITE AUDIT, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018)

Lusiana, Shella (2020) PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KOMITE AUDIT, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Shella Lusiana)
13 04 20409.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Manajemen laba adalah tindakan yang dilakukan untuk mempengaruhi laba perusahaan dengan cara memilih metode akuntansi untuk tujuan tertentu (Scott, 2012). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk0 mengurangi tindakan manajemen laba yaitu dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau good0 corporate0 governance (Istianingsih, 2016). Mekanisme corporate0 governance0 yang diteliti adalah dewan0 komisaris independen, komite0 audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris independen, komite0 audit, kepemilikan0 manajerial dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba. Penelitian dilakukan0 pada0 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2018. Alat analisis yang diguanakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, latar belakang pendidikan komite audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap manajemen laba serta kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dewan komisaris independen, Komite audit, Kepemilikan manajerial, Kepemilikan institusional, Manajemen laba
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:42
Last Modified: 01 Sep 2020 02:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item