PENGARUH AUDITOR SWITCHING, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP), DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016 – 2018)

Sipayung, Erikson Rubianto (2020) PENGARUH AUDITOR SWITCHING, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP), DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016 – 2018). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Erikson Rubianto Sipayung)
13 04 20682.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh auditor switching, ukuran KAP, dan aktivitas komite audit terhadap kualitas audit. Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2018. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa auditor switching tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Perusahaan yang melakukan auditor switching atau tidak melakukan auditor switching tidak akan mempengaruhi kualitas audit. Variabel ukuran KAP juga tidak ditemukan bukti adanya pengaruh terhadapkualitas audit. Perusahaan yang menggunakan jasa audit dari KAP big four tidak mempengaruhi kualitas audit. Variabel aktivitas komite audit juga tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Frekuensi rapat yang dilaksanakan oleh komite audit tidak dapat mempengaruhi kualitas audit. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol ukuran perusahaan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa auditor switching, ukuran KAP, dan aktivitas komite audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas audit, Auditor switching, Ukuran KAP, Aktivitas komite audit
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2020 05:24
Last Modified: 01 Sep 2020 05:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22013

Actions (login required)

View Item View Item