PENGARUH GOOD GOVERNANCE DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KETAPANG DENGAN AKUNTABILITAS PUBLIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Claudya, Julianita Berthilla (2020) PENGARUH GOOD GOVERNANCE DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KETAPANG DENGAN AKUNTABILITAS PUBLIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Julianita Berthilla Claudya)
0422833 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
0422833 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
0422833 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang mendapatkan nilai dibawah “CC” atas hasil evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2018. Hal ini menunjukkan bahwa akuntabilitas kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan good governance, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan akuntabilitas publik terhadap kinerja organisasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan survei kuesioner kepada 30 pejabat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang. Pengolahan data menggunakan model penelitian analisis SEM berbasis varian (PLS) dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Pengujian PLS pada penelitian ini menggunakan evaluasi model pengukuran dengan konstuk reflektif, evaluasi model struktural dengan melihat R-Square, pengujian hipotesis, dan uji statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa good governance dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas publik. Sedangkan akuntabilitas publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Akuntabilitas Publik, Kinerja Organisasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 16 Nov 2020 12:47
Last Modified: 16 Nov 2020 12:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22530

Actions (login required)

View Item View Item