STRATEGI PENJUALAN ONLINE BAGI PELAKU USAHA PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PEMETAAN PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN

Wardani, Diah Ayu Kusuma (2020) STRATEGI PENJUALAN ONLINE BAGI PELAKU USAHA PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PEMETAAN PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Diah Ayu Kusuma Wardani)
1606088431.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
1606088433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
1606088434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
1606088435.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi di tahun 2020 telah membatasi akses untuk beraktivitas di luar rumah. Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work From Home (WFH) dalam beberapa bulan. Hal ini menyebabkan banyak UMKM maupun ritel berskala besar mengalami penurunan penjualan yang juga berdampak pada Pemutusan Hubungan Kerja terhadap beberapa karyawan, bahkan beberapa usaha tersebut harus tutup karena tidak adanya pemasukan. Kegiatan di rumah saja membuat banyak masyarakat yang beralih ke belanja online yang dinilai lebih mudah untuk dilakukan. Setelah adanya pandemi, perlilaku konsumen juga ikut berubah. Pelaku usaha mau tidak mau harus memiliki strategi baru agar mampu bertahan dan mengikuti kebutuhan kosumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen setelah adanya pandemi COVID-19 serta memberikan usulan strategi baru bagi pelaku usaha agar mampu bertahan berdasarkan pemetaan perubahan perilaku belanja online konsumen. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data primer mengenai aktivitas belanja online yang dilakukan sebelum, selama, pada masa transisi, dan ketika kondisi kembali normal menggunakan bantuan google form. Analisis data dilakukan dengan secara deskriptif menggunakan bantuan microsoft excel, sedangkan usulan strategi diberikan berdasarkan pemetaan perilaku konsumen serta marketing mix strategy (product, price, place, promotion). Hasil dari penelitian ditemukan bahwa terdapat penurunan jumlah konsumen yang berbelanja online selama pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh faktor ekonomi, persediaan barang, serta ketakutan akan penyebaran virus. Meski begitu, berdasarkan frekuensi dan rata-rata nominal pembelian mengalami peningkatan. Perubahan minat pembelian produk dapat dibedakan menjadi 3 yaitu cenderung stabil, cenderung meningkat, dan cenderung menurun. Usulan strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha menyesuaikan dengan jenis produk yang dijual, serta target konsumen yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: belanja online, perilaku konsumen, strategi penjualan, pasca pandemi COVID-19
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:37
Last Modified: 19 Nov 2020 04:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22597

Actions (login required)

View Item View Item