APLIKASI COMPUTER AIDED REVERSE ENGINEERING MENGGUNAKAN PHOTOGRAMMETRY UNTUK MEMBUAT DESAIN SOKET KAKI PROSTESIS PADA PASIEN TRANSTIBIAL AMPUTATION

Pradana, Ananda Ferdian (2020) APLIKASI COMPUTER AIDED REVERSE ENGINEERING MENGGUNAKAN PHOTOGRAMMETRY UNTUK MEMBUAT DESAIN SOKET KAKI PROSTESIS PADA PASIEN TRANSTIBIAL AMPUTATION. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ananda Ferdian Pradana)
1606087621.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1606087623.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
1606087624.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
1606087625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)

Abstract

Transtibial Amputation atau amputasi kaki pada bagian bawah lutut merupakan kegiatan medis yang bertujuan untuk memotong atau menghilangkan anggota bagian tubuh khususnya pada bagian dibawah lutut. Hal ini dapat disebabkan oleh penyakit, kecelakaan ataupun kondisi tertentu. Bapak Mugiyanto merupakan seorang penderita Transtibial Amputasi karena kecelakaan saat bekerja. Tim SIBAD UNDIP yang dibantu ATMI Surakarta mencoba membuat kaki palsu untuk mempermudah Bapak Mugiyanto dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengukur soket untuk kaki palsu sebanyak tiga macam varian dengan ketebalan yang berbeda. Desain soket yang dibuat berdasarkan data kaki Bapak Mugiyanto yang didapatkan dengan metode Reverse Engineering teknik Photogrammetry dari penelitian sebelumnya. Soket didesain menggunakan PowerShape dari Wireframe secara akurat hingga menjadi bentuk Solid Mesh. Soket yang didesain akan diukur menggunakan Netfabb untuk pengukuran yang akurat dan detil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Transtibial Amputation, Soket, Desain, Pengukuran.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:38
Last Modified: 24 Nov 2020 04:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item View Item