PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PROFESIONALISME TERHADAP SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP)

Praviyanti, Priska Damai (2020) PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PROFESIONALISME TERHADAP SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
14 04 021138.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
14 04 121138.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
14 04 221138.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
14 04 321138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB IV)
14 04 421138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
14 04 521138.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh kompetensi, independensi, profesionalisme terhadap skeptisisme profesional auditor pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Surakarta, dan Semarang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah skeptisisme profesional auditor. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kompetensi, independensi, dan profesionalisme. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Surakarta, dan Semarang. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Sampel yang akan diambil adalah seluruh auditor yang bertugas di KAP wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Surakarta, dan Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) yang di sebar ke setiap KAP yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang dan diisi oleh para auditor. Dalam kuesioner penelitian ini terdiri dari pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan variabel penelitian yang digunakan yaitu 30 pertanyaan berkaitan dengan skeptisisme profesional auditor, 13 pertanyaan berkaitan dengan kompetensi, 14 xix pertanyaan berkaitan dengan independensi, dan 13 pertanyaan berkaitan dengan profesionalisme. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan program komputer IBM SPSS 25 for windows yang terdiri dari empat bagian, bagian pertama adalah analisis statistik deskriptif. Bagian kedua adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Bagian ketiga yaitu uji alat yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Bagian keempat adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi berpengaruh positif terhadap skeptisisme profesional auditor dengan nilai t-hitung sebesar 5,357 dengan nilai signifikansi 0,000. Semakin tinggi kompetensi seorang auditor maka skeptisisme profesional auditor akan meningkat pula. Variabel independensi tidak berpengaruh signifikan terhadap skeptisisme profesional auditor dengan nilai thitung sebesar 1,305 dengan nilai signifikansi 0,197. Dan variabel profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap skeptisisme profesional auditor dengan nilai t-hitung sebesar 3,526 dengan nilai signifikansi 0,001. Semakin tinggi tingkat profesionalisme auditor maka semakin tinggi pula sikap skeptis seorang auditor dan skeptisisme profesional auditor akan semakin meningkat pul

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kantor Akuntan Publik (KAP), Skeptisisme Profesional Auditor, Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Dec 2020 02:51
Last Modified: 11 Dec 2020 02:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22790

Actions (login required)

View Item View Item