PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA KONSULTAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS PADA CV. ARAMINTA RESWARA SANI)

Pangestu, Radhiptya Ega (2020) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA KONSULTAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS PADA CV. ARAMINTA RESWARA SANI). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Radhiptya Ega Pangestu)
1604226071.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1604226073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
1604226074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Balanced Scorecard merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam melakukan kinerja perusahaan. Balanced scorecard merupakan terjemahan dari visi, misi dan tujuan perusahaan ke dalam suatu strategi dan ukuran-ukuran kinerja yang dijabarkan dari empat perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancangkan suatu pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard bagi CV. Araminta Reswana Sani, yang selama ini perusahaan melakukan penilaian kinerja hanya berdasarkan aspek finansial saja. Langkah-langkah perancangan yang dijalankan pada penelitian ini antara lain meliputi: (1) Menjabarkan visi misi perusahaan dengan melakukan analisa SWOT untuk mengetahui kondisi perusahaan, (2) Mengidentifikasi sasaran strategis perusahaan berdasarkan keempat perspektif BSC, (3) Menentukan Key Performance Indicators yang akan menjadi ukuran penilaian kinerja, dan (4) Pembobotan skor pada masing-masing strategi dan indikator-indikator kinerja. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perusahaan masih memiliki banyak kelemahan yang sebaiknya segera diperbaiki. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti merumuskan 11 sasaran strategis, dimana satu pada persepektif finansial, dua pada perspektif pelanggan, empat pada bisnis internal, dan empat perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Sementara itu dirumuskan 16 indikator/ KPI yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, BSC, konstruksi, srategi, dan KPI.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Dec 2020 15:22
Last Modified: 15 Dec 2020 15:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item View Item