PERHITUNGAN HARGA JASA PENGINAPAN PADA SAAT LOW SEASON BERDASARKAN OUT OF POCKET COST PADA HOTEL HORISON ULTIMA RISS YOGYAKARTA

Ronaldo, Gabriel Martuah (2020) PERHITUNGAN HARGA JASA PENGINAPAN PADA SAAT LOW SEASON BERDASARKAN OUT OF POCKET COST PADA HOTEL HORISON ULTIMA RISS YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Gabriel Martuah Ronaldo)
1604228521.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1604228523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
1604228524.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Kebudayaannya yang masih kental, kekayaan pesona alam yang masih dijaga dan dilestarikan yang menjadikan daya tarik bagi wisatawan domestik maupun internasional untuk berkunjung ke kota Yogyakarta. Meningkatnya jumlah wisatwan yang datang dan mengunjungi kota Yogyakarta tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan hotel. Hal tersebut yang membuat persaingan akan semakin ketat antar hotel satu dengan hotel yang lainnya. Tak hanya itu, pihak manajer hotel mempunyai pertimbangan lainnya ketika mengalami sepi pengunjung sehingga pengambilan keputusan yang dilakukan pihak manajer harus tepat dalam hal menentukan harga jual saat low season. Pada saat low season, Hotel Horison Ultima Riss menentukan harga sewa kamar yang rendah berdasarkan harga pokok yang dihitung oleh pihak manajemen hotel. Namun, harga yang ditentu masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan hotel pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa harga sewa kamar Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta pada saat low season berdasarkan biaya tunai (out of pocket cost). Berdasarkan dari analisis data yang telah dilakukan harga sewa kamar yang diperoleh dengan menggunakan perhitungan out of pocket cost untuk tipe kamar deluxe Rp. 484.752, junior suite Rp. 675.456, executive suite Rp. 1.537.279 dan horison suite Rp. 2.054.477. Harga jual berdasarkan perhitungan out of pocket cost menjadi biaya terendah jika diterapkan oleh pihak hotel. Selisihnya nanti bisa digunakan pihak hotel untuk menambah fasilitas-fasilitas tiap tipe kamar dan juga memberi diskon kepada pengunjung hotel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penentuan Harga Jual, Low Season, Out Of Pocket Cost, Biaya Tunai.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Dec 2020 13:43
Last Modified: 21 Dec 2020 13:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item