PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

Prasetya, Hilarion Kevin Chrisnanda (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hilarion Kevin Chrisnanda Prasetya)
1604229911.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1604229913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
1604229914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap environmental disclosure pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu laporan tahunan dan/atau sustainability report serta laporan keuangan perusahaan. Data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu environmental disclosure yang diukur dengan menggunakan rasio antara jumlah item yang diungkapkan perusahaan dengan jumlah seluruh item pengungkapan lingkungan menurut GRI G4. Variabel independen pada penelitian ini terdiri atas ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas. Ukuran perusahaan diukur dengan logaritma dari total aset, profitabilitas diukur menggunakan rasio antara laba bersih setelah pajak dengan total aktiva, dan likuiditas diukur menggunakan rasio antara total aset lancar dengan total liabilitas jangka pendek. Data diolah dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap environmental disclosure. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Environmental Disclosure, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:07
Last Modified: 04 Jan 2021 06:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22888

Actions (login required)

View Item View Item