PENGARUH NILAI BELANJA DAN ATMOSFER WEB TERHADAP KEPUASAN BELANJA DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKOPEDIA

Kurniawan, Hendra (2020) PENGARUH NILAI BELANJA DAN ATMOSFER WEB TERHADAP KEPUASAN BELANJA DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKOPEDIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hendra Kurniawan)
1604229911.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1604229913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
1604229914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Motivasi konsumen dalam berbelanja secara online dapat diketegorikan kedalam dua motif yaitu motivasi hedonis dan motivasi utilitarian. Saat berbelanja secara online, konsumen berharap dapat memperoleh informasi yang baik, memberikan nilai hiburan dan efektif. Jika beberapa hal tersebut terpenuhi konsumen akan merasa puas dan memberikan stimuli pada peningkatan niat pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan pada 200 orang masyarakat yang pernah beberlanja di di Tokopedia.Com minimal sebanyak 3 kali dalam 1 tahun terakhir. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode pengukuran data menggunakan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menunggunakan analisis regresi dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa nilai belanja hedonis, nilai belanja manfaat, keinformatifan web, nilai hiburan, dan efektivitas isi informasi web berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pada website. Kepuasan pada website berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian. Konsumen wanita dengan penghasilan yang lebih tinggi memiliki motivasi hedonis, keinformatifan website, kepuasan dan niat pembelian yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: online shopping value, web atmospheric cue, web satisfaction, dan purchase intention
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:11
Last Modified: 08 Jan 2021 04:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item