PENGARUH FINANCIAL DISTRESS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PELUANG INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018

Epato, Mey (2020) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PELUANG INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mey Epato)
1503221551.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1503221553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
1503221554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dan menganalisis pengaruh financial distress terhadap keputusan investasi, serta mengetahui pengaruh peluang investasi sebagai variabel moderasi terhadap hubungan financial distress dan keputusan investasi. Dalam penelitian ini, variabel keputusan investasi diukut dengan total aset perusahaan tanpa akumulasi biaya depresiasi, variabel financial distress diukur menggunakan model Altman, dan variabel peluang investasi diukur menggunakan Tobin’s Q. Variabel kontrol juga dilibatkan dalam penelitian ini yaitu operating cash flow, size, dan leverage. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 101 perusahaan yang dipilih secara Purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari dari www.idx.co.id, website perusahaan, www.sahamok.com dan Indonesia Capital Market Directory. Metode statistik yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa financial distress berpengaruh negatif terhadap keputusan investasi. Sedangkan, peluang investasi tidak dapat memoderasi hubungan financial distress dan keputusan investasi. Hal tersebut disebabkan sampel perusahaan yang mengalami financial distress cenderung tidak memiki peluang investasi yang tinggi sehingga mempengaruhi hasil regresi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Financial Distress, Peluang Investasi
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:48
Last Modified: 11 Jan 2021 02:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item View Item