ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA ANGKUTAN UMUM (Studi Kasus Trayek Terminal Daya-Petta Ponggawae, Sulawesi Selatan)

Junianto, . (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA ANGKUTAN UMUM (Studi Kasus Trayek Terminal Daya-Petta Ponggawae, Sulawesi Selatan). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Junianto)
1302149381.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
1302149384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
1302149385.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Terletaka di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone, Kota Watampone merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Banyak wisatawan yang berdatangan kesana namun biasanya terkendala akses untuk sampai kesana. Untuk mendukung mobilisasi penduduk dikawasan Watampone, dibutuhkan sarana transportasi yang memadai. Sarana transportasi yang memengang peranan penting pada mobilisasi penduduk di wilayah ini adalah angkutan umum. Untuk itulah diperlukan melakukan pengujian tingkat kepuasan penumpang angkutan umum terhadap kinerja angkutan umum ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program Microsoft Excel. Selain itu dilakukan pengecekan dilapangan terkait item-item standar pendukung pelayanan minimal angkutan umum sesuai Keputusan Mentri Perhubungan. Dari hasil analisi diagram kartesius diketahui faktor-faktor yang sangat penting bagi penumpang namun pelaksanaannya belum memuaskan adalah jaminan keamanan saat berada didalam angkutan umum, waktu operasional angkutan umum, kemudahan dalam memperoleh angkutan umum, perilaku sopir kepada penumpang angkutan umum. Faktor-faktor terkait kesehatan fisik dan mental pengemudi, pemahaman pengemudi terkait rute yang dilalui. Pengetahuan pengemudi terkait tata cara berlalulintas, pintu kendaraan yang berfungsi dengan baik,serta prioritas bagi ibu hamil, lansia, difabel, dan anak-anak saat naik turun angkutan umum, sudah sesuai dengan harapan penumpang sehingga perlu dipertahankan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Angkutan Umum, Validitas, Reliabilitas, Importance Performance Analysi.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2021 11:02
Last Modified: 29 Jan 2021 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23104

Actions (login required)

View Item View Item