KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL DARI PENGOPERASIAN O-BAHN (Rute Yogyakarta International Airport ke Candi Borobudur)

Hadi, Vanesha Astri (2020) KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL DARI PENGOPERASIAN O-BAHN (Rute Yogyakarta International Airport ke Candi Borobudur). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Vanesha Astri Hadi)
1602163361.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1602163364.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
1602163365.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Kajian kelayakan ekonomi dan finansial dari pengoperasian O-bahn dimaksudkan untuk mengetahui dampak secara ekonomi dan finansial dari pelaksanaan program yang dikembangkan oleh pemerintah melalui konsep ‘Kawasan Perbukitan Bedah Menoreh’. Analisis dilakukan terhadap penggunaan alat transportasi Omnibus Bahnhof (O-bahn) pada rute Yogyakarta International Airport hingga Candi Borobudur dengan umur rencana selama 30 tahun. Analisis dilakukan dengan menggunakan data perhitungan Biaya Operasi Kendaraan (BOK) menurut pedoman Direktur Jenderal Perhubungan Darat 687/2002 serta menggunakan data anggaran biaya pembangunan prasarana O-bahn yang dihitung berdasarkan volume pekerjaan dan disesuaikan dengan harga satuan pekerjaan wilayah DIY tahun 2019. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei di jalan sepanjang rute ‘Kawasan Perbukitan Bedah Menoreh’, setelah diketahui beberapa data mendasar seperti jarak dan waktu tempuh, dilanjutkan dengan mengumpulkan data-data statistik. Digunakan beberapa parameter untuk menilai kelayakan suatu investasi seperti NPV, BCR, IRR, PBP, dan BEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara ekonomi dan secara finansial investasi pada ‘Kawasan Perbukitan Bedah Menoreh’ dinyatakan layak dengan masa pengembalian kurang dari umur rencana. Analisis pada penelitian ini menggunakan discount factor 8,5% dan 10% yang kemudian dianalisis pada dua kondisi perhitungan yaitu O-bahn dengan overhoul dan O-bahn tanpa overhoul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: O-bahn, Kelayakan, Finansial, Ekonomi.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Feb 2021 09:31
Last Modified: 01 Feb 2021 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item