NAGAWATU, EMILIANUS DOLLAND (2010) ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LAYANAN PT. INSPIRA INOVASI INDONESIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Temuan Masalah Pada Main Business Gama Content Provider ). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0SOS02413.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1SOS02413.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2SOS02413.pdf Download (71kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3SOS02413.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text (Bab IV)
4SOS02413.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
|
Text (Bab V)
5SOS02413.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Sektor jasa sangat memperhatikan kualitas khususnya kualitas pelayanan Kualitas dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif karena kualitas merupakan salah satu faktor yang menentukan pemilihan produk atau layanan oleh pelanggan. Sektor jasa sangat memperhatikan kualitas khusunya kualitas pelayanan, sehingga pada dekade terakir ini kualitas pelayanan semakin mendapatkan banyak perhatian perusahaan. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang persoalan- persoalan yang dialami perusahaan yaitu PT inspira Inovasi Indonesia main bussines Gama Content Provider (GCP) yang terletak di Jl. Cik Di Tiro 34, Yogyakarta dalam menghadapi situasi yang sama yaitu memberikan pelayanan yang bermutu kepada pelanggan. Berdasarkan latar belakang dan temuan masalah maka, penelitian ini ingin melihat: Bagaimana dimensi kualitas pelayanan menyikapi permasalahan yang dihadapi PT. Inspira Inovasi Indonesia, main business GCP (Gama Content Provider) dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan 3 (tiga) metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Dari hasil penelitian didapatkan beberapa poin penting berkenaan dengan analisis permasalahan yaitu, PT. Inspira Inovasi Indonesia main bussines Gama Content Provider (GCP) dalam menciptakan kepuasan pelanggan melalui 5 (lima) dimensi kepuasan pelanggan yaitu Reability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Tangibles (bukti langsung) dan Emphaty (empati) berhubungan dengan dengan Product, Proces, Performance dan People. Sesuai dengan hasil penelitian Maka akan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang perlu diambil guna menunjang kinerja internal, yaitu dengan 1. Mengadakan sebuah evaluasi serta mengambil kebijakan baru terhadap kegitan promosi atau publikasi terhadap jasa atau layanan yang akan ditawarkan kepada calon klien atau konsumen 2. Menyusun data data base pelanggan tentang apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan, misalnya terhadap nilai dari produk atau layanan jasa yang diterima oleh konsumen, rencana hubungan jangka panjang antara perusahaan dan konsumen dalam menjalin kerjasama. 3. Mengembangkan strategi pemasaran untuk melakukan repositioning citra perusahaan sehingga dapat meningkatakan customer satisfaction (kepuasan pelanggan) yang dapat memberikan kontribusi yang relatif besar bagi keuntungan perusahaan dari segi kualitas jasa atau layanan perusahaan secara khusus dan profit yang menguntungkan perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, efisiensi perencanaan kegiatan promosi. |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 10:31 |
Last Modified: | 19 Jun 2013 10:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2324 |
Actions (login required)
View Item |