KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM IKLAN TELEVISI (TVC) ROKOK SAMPOERNA HIJAU ( Studi Deskriptif Kualitatif Perubahan Karakter Tokoh Utama dalam Iklan Televisi (TVC) Rokok Sampoerna Hijau Menurut Audiens )

NUGROHO, STANISLAUS YOGA ARI (2011) KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM IKLAN TELEVISI (TVC) ROKOK SAMPOERNA HIJAU ( Studi Deskriptif Kualitatif Perubahan Karakter Tokoh Utama dalam Iklan Televisi (TVC) Rokok Sampoerna Hijau Menurut Audiens ). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02520.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02520.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02520.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02520.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02520.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita rekaan sehingga peristiwa itu menjalin suatu cerita, sedangkan cara sastrawan menampilkan tokoh disebut penokohan. TVC merupakan sebuah karya audio visual yang didalamnya berisi sebuah cerita rekaan. Cerita tersebut dibuat untuk mendapatkan perhatian dari pemirsa televisi, maka dari itu pembuatan TVC dibuat semenarik mungkin agar pemirsa televisi tertarik untuk melihat iklan tersebut. Karakter tokoh yang dimiliki dalam setiap iklan suatu produk berbeda-beda. Bahkan dalam satu produk apabila produk tersebut sudah banyak beriklan, karakter tokoh yang mengemban cerita dalam TVC juga mengalami perubahan di setiap iklannya. Hal tersebut tergantung dari permintaan produsen kepada pembuat iklan tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui perubahan karakter tokoh utama yang terjadi dalam iklan periode 2001 sampai dengan 2009. Focus Group Discussion (FGD) dilakukan untuk mendapatkan data yang obyektif. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan pemahaman tentang karakter yang meliputi unsur setting tempat, gaya pakaian tokoh utama, gaya bahasa tokoh utama, sifat tokoh utama, profesi tokoh utama dan usia tokoh utama. Pada akhirnya, perubahan karakter tokoh utama dilakukan untuk memperluas target segmen yang dituju. Penggunaan tokoh yang memiliki karakter-karakter tertentu merupakan wujud penggambaran target segmen dari rokok Sampoerna Hijau tersebut. Perubahan karakter tokoh yang terjadi dalam setiap iklannya memiliki tujuan tertentu yaitu agariklan yang tayang menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakter, FGD, iklan, Sampoerna Hijau, TVC
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 10:47
Last Modified: 19 Jun 2013 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item