RANCANG BANGUN APLIKASI HELP DESK BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: PT COLLEGA INTI PRATAMA)

Damanik, Frans Josua (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI HELP DESK BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: PT COLLEGA INTI PRATAMA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Frans Josua Damanik)
1607090331.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1607090334.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1607090335.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PT Collega Inti Pratama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang menyediakan layanan ICT (Information and Communication of Technology) terbesar untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia. Sebagai Perusahaan yang bergerak di bidang solusi IT perbankan, PT Collega Inti Pratama memberikan sebuah solusi kerjanya dalam dua kategori yaitu kategori produk dan kategori jasa layanan. Untuk jasa layanan ATM, saat ATM mengalami kerusakan pada bagian sistem ataupun jaringan. Konsumen melaporkan permasalahan dengan mengirimkan pesan melalui email ataupun telepon. Jadi setiap hari akan adanya masuk email yang banyak serta telepon yang masuk dari konsumen setiap Bank daerah untuk melaporkan permasalahan mereka. Masalah tersebut nanti akan dilanjutkan ke berbagai departemen yang akan memperbaiki permasalahan tersebut. Oleh karena itu peneliti membuat suatu program aplikasi yang dapat menampung setiap permasalahan dari konsumen. Aplikasi ini akan diberikan nama yang disebut dengan Help Desk. Help Desk adalah sebuah aplikasi yang dapat menampung setiap keluhan kerusakan yang ada serta dapat mengirimkan keluhan kerusakan tersebut ke departemen lainnya untuk diperbaiki dan dapat melakukan pencetakan laporan keluhan kerusakan secara otomatis. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan menggunakan framework CodeIgniter. Aplikasi ini juga dapat melakukan penambahan konsumen bank, bank, atm, keluhan konsumen terhadap atm yang rusak, dan melakukan report. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Help Desk berbasis website yang digunakan untuk mempermudah pihak konsumen bank dan pihak departemen switching. Aplikasi ini dapat mempermudah pihak konsumen bank dalam melakukan pembuatan laporan kerusakan atm/bank secara online dan tidak memakan waktu yang lama. Sedangkan pada departemen switching, aplikasi ini dapat membantu dalam pembagian keluhan kerusakan konsumen ke departemen lain secara online dan dapat melakukan pembuatan cetak laporan kerusakan secara online dan tidak manual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Help Desk, php, codeigniter, MySQL, website.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Feb 2021 00:07
Last Modified: 24 Feb 2021 00:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23344

Actions (login required)

View Item View Item