PEMBANGUNAN APLIKASI PENGETAHUAN ALKITAB REMAJA GKY MENGGUNAKAN KONSEP GAMIFIKASI BERBASIS WEB

Salim, Yohanes Calvin (2021) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGETAHUAN ALKITAB REMAJA GKY MENGGUNAKAN KONSEP GAMIFIKASI BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yohanes Calvin Salim)
1407076861.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1407076864.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
1407076865.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi informasi berbasis edukasi saat ini kurang begitu terlihat sebagai salah satu bentuk penunjang pembelajaran pada ruang lingkup gereja. Di samping itu, banyak seumuran remaja yang sudah menggunakan smartphone ataupun komputer untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya untuk sarana edukasi seperti E-Learning. Namun di dalam proses pembelajarannya terdapat berbagai macam kendala dan hambatan, seperti pengguna merasa bosan dan akan berhenti melakukan proses pembelajaran, sehingga materi yang dipelajari akan tidak sepenuhnya didapat. Untuk mengatasi kendala dari kasus tersebut dan hambatan yang ada maka dibuatlah sebuah aplikasi web Remaja GKY dengan penerapan konsep metodologi gamifikasi. Pada konsep gamifikasi ini terdapat beberapa fitur yang akan didapatkan oleh pengguna, yaitu poin, mission(tantangan), trophy badges(penghargaan lencana), leaderboard(papan skor), level, dan reward(hadiah). Tantangan yang diterima oleh pengguna berupa kegiatan dan/atau pertanyaan mengenai rangkuman alkitab atau renungan yang kemudian akan dibaca oleh pengguna, dan pengguna akan menjawab beberapa pertanyaan, setelah itu pengguna akan mendapatkan poin satuan aktivitas dan experience(poin pengalaman) yang nantinya akan menaikan level pengguna untuk ditampilkan di leaderboard. Pengguna juga dapat menukarkan poin yang didapatkan dengan berbagai hadiah yang ditawarkan. Tujuan dari hasil penelitian ini diharapkan aplikasi web ini akan meningkatkan minat dalam mempelajari pengetahuan dalam alkitab dan mengurangi adanya kendala dan hambatan dalam proses pembelajaran. Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP dengan framework Laravel, dan basis data yang digunakan sebagai sarana penyimpanan data adalah MYSQL.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PHP, Mysql, Gamifikasi, Web, Alkitab, E-Learning
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Feb 2021 09:38
Last Modified: 25 Feb 2021 09:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23365

Actions (login required)

View Item View Item