PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK JAKET MENGGUNAKAN METODE SEVEN STEPS DI UKM CHESTER KONVEKSI

Citraclarisa, Genoveva Fiona (2020) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK JAKET MENGGUNAKAN METODE SEVEN STEPS DI UKM CHESTER KONVEKSI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Genoveva Fiona Citraclarisa)
1506084471.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1506084473.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
1506084474.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1506084475.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UKM Chester merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi di Kota Yogyakarta. Produk yang dihasilkan antara lain berupa kaos, kaos polo, kemeja, korsa, jaket, hoodie, sweater, totebag, dan topi. Namun, produk jaket adalah produk dengan tingkat penjualan paling tinggi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, UKM Chester Konveksi belum pernah melakukan pengendalian kualitas sehingga pada setiap proses selalu ditemukannya kecacatan produk. Maka dari itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mengevaluasi kualitas produk jaket dengan mengidentifikasi jenis kecacatan terbesar dan menganalisis akar masalah dari cacat tersebut. Kemudian usulan perbaikan akan diberikan ke perusahaan. Seven steps method merupakan metode yang bertujuan untuk memfasilitasi perbaikan proses secara berkesinambungan. Selain itu, juga menggunakan seven tools untuk membantu menganalisis masalah. Hasil penelitian diperoleh bahwa jenis cacat tertinggi adalah aksesoris lepas dengan persentase 32,8%. Cacat tersebut disebabkan oleh faktor manusia, material, mesin/alat, metode, dan lingkungan. Setelah diketahui akar masalah dengan mengguakan cause and effect diagram, maka diusulkan beberapa usulan perbaikan untuk diimplementasikan. Usulan perbaikan dalam pengendalian adalah membuat Checklist penggantian jarum dan pemeriksaan mesin snap button, membuat instruksi kerja terhadap proses yang paling dominan penyebab kecacatan produk, melakukan proses inspeksi fungsi ritsleting, serta membuat visual display penggantian jarum dan pengisian Checklist.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Usaha kecil menengah konveksi, Pengendalian Kualitas dan Cacat Produksi, Continuous Improvement, Metode Seven Steps, Prioritas penyelesaian masalah, Jenis kecacatan produksi.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2021 09:21
Last Modified: 01 Mar 2021 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item