MOTIF DAN KEPUASAN MENONTON SINETRON BAWANG PUTIH BERKULIT MERAH DI ANTV (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pemirsa Surabaya Dalam Menonton Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah di ANTV)

Hadi, Yosef Aldi Suryo (2021) MOTIF DAN KEPUASAN MENONTON SINETRON BAWANG PUTIH BERKULIT MERAH DI ANTV (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pemirsa Surabaya Dalam Menonton Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah di ANTV). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yosef Aldi Suryo Hadi)
1609058601.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1609058602.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
1609058603.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Televisi melalui program acaranya memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai media massa yang masih diminati, banyaknya penonton suatu program tidak kemudian menjadi hal yang utama, namun kualitas sebuah program acara menjadi bagian yang penting pula. Salah satu program acara televisi yakni sinetron merupakan program acara yang hingga saat ini masih disukai oleh masyarakat Indonesia walaupun secara kualitas masih berada di bawah standar yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai motif dan kepuasan pemirsa Surabaya dalam menonton sinetron Bawang Putih Berkulit Merah di ANTV. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan rentang usia 15-24 tahun serta 45 tahun ke atas, tinggal di Kota Surabaya dan penonton sinetron Bawang Putih Berkulit Merah di ANTV. Teori uses and gratification merupakan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam teori tersebut khalayak dianggap secara aktif menggunakan media dalam memenuhi kebutuhannya. Khalayak secara aktif berperan mencari media dan muatan isi tertentu untuk menghasilkan kepuasan. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat kepuasan pada pemirsa Surabaya terhadap program sinetron Bawang Putih Berkulit Merah di ANTV dalam kategori integrasi dan interaksi sosial serta kategori hiburan. Sedangkan kategori yang tidak terpuaskan yakni pada kategori informasi dan identitas pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sinetron, Motif, Kepuasan, dan Bawang Putih Berkulit Merah.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2021 13:40
Last Modified: 05 Mar 2021 13:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item