PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM PEMBERITAAN BENCANA BANJIR (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Prinsip Akurasi dalam Kode Etik Jurnalistik pada Pemberitaan Banjir Awal Tahun 2020 di Jakarta dan sekitarnya dalam Okezone.com periode 1 – 8 Januari 2020)

Yuliani, Aurelia Melisa (2020) PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM PEMBERITAAN BENCANA BANJIR (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Prinsip Akurasi dalam Kode Etik Jurnalistik pada Pemberitaan Banjir Awal Tahun 2020 di Jakarta dan sekitarnya dalam Okezone.com periode 1 – 8 Januari 2020). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aurelia Melisa Yuliani)
1609058921.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
1609058922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
1609058923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)

Abstract

Awal Tahun 2020 ini, Indonesia kembali dihadapkan oleh bencana banjir tepatnya di Ibu Kota DKI Jakarta dan sekitarnya. Karena mengandung nilai-nilai berita, media berlomba-lomba untuk memberitakan peristiwa tersebut sebaik dan secepat mungkin. Salah satu media yang memberitakan peristiwa tersebut adalah Okezone.com. Sebagai media online, Okezone.com sudah lolos verifikasi faktual dan administrasi yang dilakukan oleh Dewan Pers, selain itu Okezone.com merupakan salah satu media online terpopuler di Indonesia menurut Alexa Rank. Karena persaingan untuk memberitakan peristiwa bencana di antara banyaknya media di Indonesia, terkadang prinsip kecepatan lebih diutamakan daripada penerapan Kode Etik Jurnalistik salah satunya prinsip akurasi. Untuk itu peneliti dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan Kode Etik Jurnalistik khususnya prinsip akurasi pada pemberitaan bencana banjir awal Tahun 2020 di Jakarta dan sekitarnya dalam Okezone.com periode 1 – 8 Januari 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif di mana populasi penelitian ini adalah kumpulan berita banjir 2020 di Okezone.com pada periode 1 – 8 Januari 2020 terkait banjir Jakarta dan sekitarnya khususnya Jabodetabek. Peneliti menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel (sampel 100%). Data pada penelitian ini diolah secara kuantitatif dengan terlebih dahulu melakukan uji reliabilitas terhadap dua orang coder yang membantu penelitian ini Kemudian dilakukan pengkodingan dan hasil dari pengkodingan tersebut diolah dengan tabel distribusi frekuensi, untuk kemudian dijabarkan secara deksriptif. Penelitian ini menemukan bahwa Okezone.com belum sepenuhnya menerapkan Kode Etik Jurnalistik khsusunya prinsip akurasi untuk memberitakan peristiwa banjir awal Tahun 2020 di Jakarta dan sekitarnya. Masih ditemukan beberapa berita yang judulnya tidak sesuai isi, tidak mencantumankan keterangan waktu, penggunaan data pendukung kurang maksimal, ada pencantuman opini wartawan, serta ada penggunaan narasumber yang kurang relevan. Untuk itu Okezone.com masih perlu memperhatikan penerapan prinsip akurasi dalam setiap beritanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: encana Banjir, Kode Etik Jurnalistik, Akurasi, Okezone.com
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2021 13:57
Last Modified: 05 Mar 2021 13:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23462

Actions (login required)

View Item View Item