OBJEKTIVITAS BERITA DI DETIK.COM (Analisis Isi Pemberitaan Penunjukan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina di Detik.com Periode 13-28 November 2019)

Lombu, Superi Yanthi (2020) OBJEKTIVITAS BERITA DI DETIK.COM (Analisis Isi Pemberitaan Penunjukan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina di Detik.com Periode 13-28 November 2019). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Other (Superi Yanthi Lombu)
1509055791.PDF

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1509055792.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
1509055793.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Detik.com adalah salah satu portal berita online yang selalu mengutamakan kecepatan dalam menyampaikan beritanya. Faktor tuntutan kecepatan ini yang kerap kali membuat Detik.com tidak mengikuti kaidah jurnalistik, terutama dalam hal objektivitas. Detik.com pernah melakukan kesalahan karena tidak melakukan verifikasi fakta, dan dalam penyajian beritanya menerapkan prinsip jurnalis kuno 3W yaitu what (apa), where (di mana) dan when (kapan). Beberapa penelitian tentang Detik.com mendapatkan hasil bahwa media Detik.com belum memenuhi standar objektivitas dalam menyampaikan berita. Penelitian ini melihat objektivitas Detik.com khususnya pada pemberitaan penunjukan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif, yakni meneliti 52 artikel berita yang dikumpulkan selama periode 13-28 November 2019. Penelitian ini berlandaskan pada teori objektivitas. Teori objektivitas diturunkan ke dalam 2 bagian besar unit analisis yakni Imparsialitas dan Faktualitas. Imparsialitas terdiri dari unsur balance dan netralitas dengan unit analisis sensasionalism (personalisasi, emotionalism, dramatisasi), stereotype, juxtaposition, linkage, source bias, cover both side, dan slant. Faktualitas terdiri dari unsur truth dan relevansi dengan unit analisis checkability, readability, accuracy, completeness dan relevance. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingginya sikap netralitas Detik.com dalam menyajikan berita, tetapi masih cukup rendah dalam hal keberimbangan (balance) karena jumlah artikel berita yang tidak mengandung unsur cover both side mencapai 48%. Sedangkan unsur kebenaran (truth) dan relevansi mencapai 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah objektivitas pemberitaan Detik.com tentang penunjukan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina periode 13–28 November 2019 sudah memenuhi standar faktualitas, namun belum sepenuhnya memenuhi standar imparsialitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Detik.com, Basuki Tjahaja Purnama, berita, objektivitas.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Mar 2021 13:58
Last Modified: 18 Mar 2021 13:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23545

Actions (login required)

View Item View Item