IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK CO-BRANDING STARCROSS X ANGGUR ORANG TUA

Pangesti, Rahayu Puji (2021) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK CO-BRANDING STARCROSS X ANGGUR ORANG TUA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rahayu Puji Pangesti)
1509058521.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1509058522.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
1509058523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di tengah persaingan yang semakin ketat antar perusahaan dan kondisi pandemi virus Corona yang belum berakhir membuat Starcross melakukan cobranding dengan salah satu merek yang besar yaitu Anggur Orang Tua. Cobranding dinilai sebagai salah satu cara agar dapat bertahan di tengah pandemi yang berdampak pada menurunnya daya beli konsumen. Hasil co-branding antara Starcross dengan Anggur Orang Tua adalah produk yang bernama Starcross X Anggur Orang Tua. Peneliti memiliki alasan memilih topik ini yaitu kedua perusahaan merupakan perusahaan besar dengan lini produk yang berbeda, kedua perusahaan bergerak secara independen dan tidak melakukan promosi menggunakan media mainstream, perbedaan perlakuan strategi komunikasi pemasaran pada produk co-branding yang dilakukan oleh Starcross. Dengan alasan tersebut, penelitian ini memiliki fokus untuk mencari tahu implementasi komunikasi pemasaran produk co-branding Starcross X Anggur Orang Tua. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap dua narasumber yang memiliki posisi sebagai pemilik (owner) Starcross dan creative director Starcross. Data pelengkap yang digunakan oleh peneliti adalah foto yang bersumber dari media sosial maupun website, dokumen internal Starcross dan berita online mengenai kolaborasi Starcross dan Anggur Orang Tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk co-branding antara Starcross dengan Anggur Orang Tua adalah joint venture co-branding dengan tujuan untuk perluasan pasar dari Starcross. Urutan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Starcross pada Starcross X Anggur Orang Tua adalah tujuan pembuatan produk Starcross X Anggur Orang Tua, identifikasi audiens, penyusunan pesan, media yang digunakan dan aktivasi digital dan pengukuran kinerja media komunikasi pemasaran. Tujuan pembuatan produk Starcross X Anggur Orang Tua adalah mengenalkan merek Starcross dan Anggur Orang Tua kepada pasar yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan co-branding. Audiens sasaran pada Starcross X Anggur Orang Tua adalah anak muda dengan umur 15-35 tahun. Pesan yang ingin diangkat adalah Starcross melakukan kolaborasi cross-genre antara brand apparel dengan brand minuman yang sudah terkenal di Indonesia. Media yang digunakan adalah Instagram, Facebook, website, key opinion leader (KOL), koran dan event. Metode perancangan anggaran yang digunakan adalah affordable method. Bauran komunikasi pemasaran sama dengan dengan media yang digunakan yaitu media yang berbasis digital, KOL, koran dan event. Hasil komunikasi pemasaran produk Starcross X Anggur Orang Tua diukur dengan metode online dan offline (hasil penjualan). Pengukurannya berdasarkan media yang digunakan yaitu digital serta offline atau penjualan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: co-branding, implementasi, komunikasi pemasaran, Starcross, Anggur Orang Tua, Starcross X Anggur Orang Tua
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Mar 2021 10:11
Last Modified: 19 Mar 2021 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item