PENGARUH BRAND IMAGE BILLIONAIRE’S PROJECT TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kuantitatif Eksplanatif Pada Followers Akun Instagram @Billionairesproject)

Yuliana, Yessi (2021) PENGARUH BRAND IMAGE BILLIONAIRE’S PROJECT TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kuantitatif Eksplanatif Pada Followers Akun Instagram @Billionairesproject). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yessi Yuliana)
1709062311.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1709062312.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
1709062313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image Billionaire’s Project terhadap proses keputusan pembelian. Objek Billionaire’s project dipilih karena merupakan merek lokal yang baru berdiri pada tahun 2019 dan telah mendapatkan rekor MURI sebagai “Busana Merk Lokal dengan Hasil Penjualan Tertinggi”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya data yang menunjukan bahwa 60% konsumen Indonesia lebih suka membeli produk luar negeri, namun, Billionaire’s Project dapat membuktikan bahwa produk lokal juga dapat digemari oleh masyarakat Indonesia terlihat dari produknya yang selalu habis terjual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah survei dengan instrument kuesioner, dan menggunakan teknik pengumpulan simple random sampling sebanyak 400 responden yang merupakan followers akun instagram @billionairesproject yang pernah memberikan komentar dan like di unggahan akun tersebut. Kuesioner penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian data yang diperolah dianalisis dengan melakukan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara variabel independen brand image Billionaire’s Project dengan variable dependen proses keputusan pembelian di tahap pra pembelian sebesar 0.285, dan uji regresi menunjukan pengaruh sebesar 0,364 serta kontribusi variable dependen terhadap variable independen adalah sebesar 13.3%. Kemudian, hasil korelasi dan regresi antara variabel independen brand image Billionaire’s Project dengan variable dependen proses keputusan pembelian di tahap pembelian menunjukan nilai hubungan sebesar 0.268, serta menunjukan pengaruh sebesar 0.322 dan kontribusi variable dependen terhadap variable independen adalah sebesar 10.3%. Terakhir, hasil korelasi dan regresi antara variabel independen brand image Billionaire’s Project dengan variable dependen proses keputusan pembelian di tahap pasca pembelian menunjukan nilai hubungan sebesar 0.267, serta menunjukan pengaruh sebesar 0.295 dan kontribusi variable dependen terhadap variable independen adalah sebesar 8.7%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand image, Proses Keputusan Pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Mar 2021 12:54
Last Modified: 19 Mar 2021 12:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23567

Actions (login required)

View Item View Item