KUALITAS SOSIALISASI KEBIJAKAN BATIKMARK “batik INDONESIA” TERHADAP PENGADOPSIAN MANAJER INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) Kasus: Kawasan sentra batik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Kusumaningrum, Monica (2011) KUALITAS SOSIALISASI KEBIJAKAN BATIKMARK “batik INDONESIA” TERHADAP PENGADOPSIAN MANAJER INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) Kasus: Kawasan sentra batik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02933.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02933.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02933.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02933.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02933.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sosialisasi kebijakan batikmark “batik INDONESIA” terhadap pengadopsian manajer Indutri Kecil dan Menengah (IKM) batik dikontron kompetensi komunikasi. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di kawasan sentra batik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yakni manajer (pengrajin) Indutri Kecil dan Menengah (IKM) batik. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yakni kualitas sosialisasi kebijakan sebagai variabel independen, pengadopsian manajer sebagai variabel dependen, dan kompetensi komunikasi sebagai variabel kontrol. Dalam penelitian ini, kualitas sosialisasi kebijakan diukur berdasarkan komponen : sumber, isi pesan, media, format pesan, dan ketepatan waktu menurut Hardjana. Pengadopsian manajer diukur berdasarkan komponen : informasi,waktu dan biaya,alternative, dan pengambilan keputusan menurut Gibson. Kompetensi komunikasi diukur berdasarkan komponen : skill, knowledge, self‐concept, dan self‐image . Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kualitas sosialisasi kebijakan berpengaruh terhadap pengadopsian manajer dengan kompetensi komunikasi sebagai variabel kontrol. Kualitas sosialisasi kebijakan berpengaruh signifikan terhadap pengadopsian manajer. Hal tersebut ditunjukkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,598 dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Ada hubungan yang signifikan antara kualitas sosialisasi kebijakan terhadapa pengadopsian manajer dikontrol kompetensi komunikai. Hal tersebut ditunjukkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien 0,506 dengan nilai p = 0,005 < 0,05. Besarnya pengaruh kualitas sosialisasi kebijakan terhadap pengadopsian manajer sebesar 35,7%, dan besarnya pengaruh faktor lain diluar dari penelitian ini sebesar 64,3%. Hal ini memperlihatkan terdapat sisanya yang cukup besar yang dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitass Sosialisai Kebijakan, Pengadopsian Manajer, dan Kompetensi Komunikasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 13:42
Last Modified: 19 Jun 2013 13:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item