ROMBE, RATYANUS (2010) GRAPHIC DESIGN AND 3D ANIMATION CENTRE. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12373.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12373.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12373.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12373.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12373.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab V)
5TA12373.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informatika (IT) khususnya teknologi digital komputer grafis menciptakan suatu momentum baru bagi dunia multimerdia (advertising, animasi film dll) di Indonesia. Hal ini memberikan suatu perkembangan dan kemajuan baru dan juga membuka suatu peluang lapangan kerja baru bagi industry desain grafis dan animasi khususnya buat desainer dan animator di Indonesia untuk lebih bekerja secara professional lagi dalam bidang komputer digital grafis dan animasi. Dengan adanya perkembangan teknologi digital komputer yang berkembang sangat pesat dengan kualitas teknologi yang tinggi (hi-tech) membuat para desainer grafis dan animator menyadari pentingnya kehadiran komputer (digital) ke dalam seni grafis, sehingga menggunakan media digital/komputer, alhasil dengan penggabungan itu tercipta sebuah inovasi baru yang lebih efektif, efisien dan amazing (menakjubkan) dalam menghasilkan karya-karya seni grafis. Di Indonesia khususnya di Yogyakarta masih sangat sedikit sekali sarana tepat yang menyediakan suatu system pengembangan yang khusus di dalam pengembangan komputer grafik atau digital, khususnya untuk desainer grafis dan animasi ini, sehingga pengetahuan teknis dan teori tentang dunia komputer grafis dan animasi tidak maksimal. Untuk itu perlu ada wadah khusus yang dapat menjadi sarana pengembangan desain grafis dan animasi yang diharapkan mampu menjadi pusat desain grafis dan animasi di Yogyakarta. Sesuai dengan tujuan Graphic Design and 3D Animation Centre, maka ekspresi kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi harus diwadahi melalui rancangan wadahnya. Rancangan wadah tersebut terlihat pada pengolahan bentuk dan tampilan bangunannya yang mampu mendorong Desainer Grafis dan Animator 3d menjadi kreatif-inovatif. Dekonstruksi digunakan sebagai pendekatan dalam pengolahan tata ruang dalam dan fasad bangunan karena memiliki ciri yang sama dengan keinginan berekspresi kaum muda yaitu keinginan untuk bebas dalam berekspresi menjadi kreatif-inovatif. Kebebasan berekspresi melalui arsitektur dekonstruksi ini ditunjukkan melalui beberapa elemen arsitektur dekonstruksi antara lain pada bentuk bangunan dengan penonjolan geometri 3D dan permainan garis simpang siur, penonjolan warna sebagai aksen, dan pola jendela yang tidak terkait dengan level lantai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Teknologi Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Jun 2013 11:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2013 11:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2415 |
Actions (login required)
View Item |