USULAN PERBAIKAN ERGONOMI USER INTERFACE E-MARKETPLACE BERDASARKAN PENGALAMAN DAN PENDAPAT PELANGGAN

Dita, Adinda Chyntya (2021) USULAN PERBAIKAN ERGONOMI USER INTERFACE E-MARKETPLACE BERDASARKAN PENGALAMAN DAN PENDAPAT PELANGGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Adinda Chyntya Dita)
16 06 090231.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
16 06 090232.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
16 06 090233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
16 06 090234.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi juga mempengaruhi berkembangnya bisnis ritel, yang dibuktikan dengan munculnya berbagai platform penjualan online. Namun tidak semua penjual dapat sukses mempertahankan bisnis online mereka. Berdasarkan survei awal pada kolom kritik, keluhan yang dituliskan oleh pengguna di antaranya mengenai kecepatan aplikasi, manajemen e-makretplace, penipuan pada e-marketplace, layanan e-marketplace, dan fitur serta tampilan emarketplace. Dengan kata lain, masalah ergonomi user interface penting bagi pengguna sebagai pelanggan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui aspek ergonomi terkait user interface, dan mengusulkan perbaikan terkait usabilitas user interface dari platform penjualan online, untuk mendukung kesuksesan penjualan secara online. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis usability testing dan SUS questionnare. Penelitian ini memerlukan responden sebanyak 5 orang dengan 2 jenis kelompok, sehingga total responden yang dimiliki adalah 10 orang. Kelompok pertama yaitu responden yang pernah dan terbiasa dalam mengakses e-marketplace dan kelompok kedua adalah responden yang belum pernah atau tidak terbiasa dalam mengakses e-marketplace. Sepuluh orang ini akan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan e-marketplace untuk mendapatkan hasil berdasarkan usability testing dan kuesioner SUS. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis usablity adalah nilai efektivitas (success rate dan defective rate) dan efisiensi (time based effeciency). Nilai success rate responden terampil terhadap e-marketplace S 93,33% dan emarketplace T 89,17%; sedangkan responden pemula terhadap e-marketplace S 79,23% dan e-marketplace T 84,62%. Nilai defective rate responden terampil terhadap e-marketplace S 15% dan e-marketplace T 18%; sedangkan responden pemula terhadap e-marketplace S 67,18% dan e-marketplace T 41,26%. Nilai time based effeciency responden terampil terhadap e-marketplace S 0,0050 goals/sec dan e-marketplace T 0,0055 goals/sec; sedangkan responden pemula terhadap e-marketplace S 0,0013 goals/sec dan e-marketplace T 0,0014 goals/sec. Nilai SUS terhadap e-marketplace S 59,55 dan e-marketplace T 67,95. Usulan perbaikan untuk e-marketplace S adalah perbaikan letak menu kategori, perbaikan peringatan saat pendaftaran akun, kesempatan untuk dapat mengganti username, dan penggabungan menu dengan konten yang sama. Usulan perbaikan untuk e-marketplace T adalah perbaikan tampilan metode pembayaran, perbaikan peringatan saat memilih variasi, dan perbaikan alur pengisian alamat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-marketplace, ergonomi, user interface, usability, user experience, pengujian usability, kuesioner SUS, usulan perbaikan
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 03 Aug 2021 23:21
Last Modified: 03 Aug 2021 23:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item