RANCANGAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN UMKM SEPRAI BU ALIE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN POTENSIAL

Andre, . (2021) RANCANGAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN UMKM SEPRAI BU ALIE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN POTENSIAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Andre)
17 06 091501.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
17 06 091502.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
17 06 091503.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
17 06 091504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
17 06 091505.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UMKM seprai Bu Alie bergerak di bidang produksi seprai dan terletak di Pontianak. Dari April hingga September tahun 2020, UMKM ini telah mengalami penurunan penjualan sebesar 9% dikarenakan toko-toko langganannya jarang memesan, kehilangan pelanggan, dan sedikitnya konsumen baru. Hal ini diperkirakan terjadi karena produk UMKM ini tidak diminati oleh konsumen atau konsumen tidak mengetahui keberadaan UMKM ini. Dengan demikian, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari cara meningkatkan penjualan UMKM dengan terlebih dahulu melakukan riset terhadap konsumen potensial, untuk mengetahui bentuk preferensi konsumen terhadap produk yang ditawarkan, sekaligus meninjau pengetahuan konsumen terhadap UMKM. Terdapat beberapa langkah di dalam melakukan riset yaitu dimulai dengan menentukan atribut penelitian melalui studi literatur, review marketplace, dan melakukan wawancara pendahuluan terhadap beberapa pelanggan UMKM. Selanjutnya dilakukan pembuatan kuesioner berdasarkan tujuan penelitian dan dikembangkan menggunakan atribut yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian kuesioner disebarkan kepada target konsumen yaitu ibu rumah tangga dengan menggunakan media online (google form). Setelah data telah didapatkan, maka selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif, konjoin, dan ROC (Rank Order Centroid). Dari riset yang telah dilakukan, diketahui bagaimana bentuk preferensi responden terhadap produk seprai dan didapati ratarata responden tidak mengetahui keberadaan UMKM. Akan tetapi, ditemukan potensi yang dapat dimanfaatkan yaitu mayoritas responden menggunakan media online khususnya Instagram dan Shopee di dalam berbelanja seprai. Sehingga usulan perbaikan yang dapat diterapkan oleh UMKM yaitu menambah cara pemasaran secara digital (digital marketing) di kedua aplikasi tersebut. Digital marketing di kedua aplikasi kemudian dirancang berdasarkan teori digital marketing dengan menggunakan data yang telah didapat baik dari hasil kuesioner ataupun dari hasil menanyakan ke owner. Dari implementasi yang telah berlangsung selama 22 hari, didapati kedua aplikasi tersebut cukup baik dalam menjangkau konsumen potensial dengan jumlah sebanyak 114 orang, dan masing-masing aplikasi juga berhasil mendapatkan satu penjualan. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa solusi yang ditawarkan cukup efektif di dalam meningkatkan penjualan UMKM dan ke depannya dapat digunakan oleh UMKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Seprai, Riset Pemasaran, Analisis Konjoin, Metode ROC, Digital Marketing
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 03 Aug 2021 23:51
Last Modified: 03 Aug 2021 23:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24424

Actions (login required)

View Item View Item