USULAN PERBAIKAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DI PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL

Wicaksana, Aloysius Galih (2021) USULAN PERBAIKAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DI PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Aloysius Galih Wicaksana)
1506083561.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1506083562.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
1506083563.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
1506083564.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
1506083565.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

PT. Mandiri Jogja Internasional atau lebih dikenal dengan nama produk yang mereka hasilkan BUCINI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang insutri manufaktur kerajinan kulit. Perusahaan yang berlokasi di Desa Klodangan RT.02 RW.26, Berbah, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memproduksi kerajinan tas kulit sebagai produk andalannya. Perusahaan ini memiliki permasalahan dimana perusahaan belum memperhatikan kualitas kehidupan kerja (Quality of Work Life) pekerja yang bekerja disana. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pimpinan perusahaan, didapatkan bahwa masih adanya gap yang terjadi antar pekerja ataupun pekerja dengan atasanya. Setelah didalami lebih lanjut, ditemukan bahwa gap yang terjadi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pemberian reward yang sistemnya masih tidak jelas, komunikasi yang berjalan satu arah, serta perencanaan jenjang karir yang tidak menentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kualitas kehidupan kerja di perusahaan dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varian yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil identifikasi yang didapatkan dengan pengolahan data melalui software SmartPLS 3.0 merupakan hasil perhitungan hubungan antara variabel kualitas kehidupan kerja, kepuasan pekerja serta kinerja kerja. Setelah itu dilakukan analisis penyebab dari kesulitan perusahaan dalam menerapkan kualitas kehidupan kerja di perusahaan serta dilakukan perancangan strategi usulan perbaikan untuk perusahaan mengenai hal tersebut. Strategi perbaikan yang diusulkan kepada PT. Mandiri Jogja Internasional merupakan usulan operasional yang didasari dengan keadaan yang terjadi di lapangan serta dilandasi dengan tindakan yang merupakan hasil pengaplikasian teori-teori perbaikan kualitas kehidupan kerja. Strategi perbaikan yang dihasilkan merupakan komponenkomponen pembentukan kualitas kehidupan kerja itu sendiri antara lain komunikasi, penyelesaian masalah, pengembangan karir, kompensasi yang adil, keselamatan lingkungan kerja, perasaan aman akan pekerjaan serta fasilitas yang diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Kehidupan Kerja (QWL), Kepuasan Pekerja, Kinerja Kerja, Structrucal Equation Modelling (SEM), Partial Least Square (PLS), SmartPLS 3.0
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:53
Last Modified: 05 Aug 2021 23:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24441

Actions (login required)

View Item View Item