PERAMALAN PERMINTAAN DAN PEMESANAN SEPEDA PADA TOKO SEPEDA “MANTEP JAYA”

Darmasentosa, Nicolaus Pramatatya (2021) PERAMALAN PERMINTAAN DAN PEMESANAN SEPEDA PADA TOKO SEPEDA “MANTEP JAYA”. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Nicolaus Pramatatya Darmasentosa)
160609012_bab0.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160609012_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160609012_bab2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
160609012_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
160609012_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160609012_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
160609012_bab6.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Toko sepeda “Mantep Jaya” merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang pejualan sepeda dan aksesoris sepeda. Toko sepeda Mantep Jaya didirikan 24 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyedia sepeda terlengkap di Banjarnegara. Saat ini toko berperan sebagai pedagang yang menjual barang kepada konsumen. Barang dagangan didapat dari supplier langsung. Oleh karena itu, jumlah pesanan barang kepada supplier, harus dipastikan dapat memenuhi permintaan selama sebulan ke depan, karena waktu pesan toko kepada supplier yaitu satu bulan sekali. Dalam menentukan jumlah yang optimal, dibutuhkan metode perhitungan tertentu agar jumlah pesan tidak sembarang. Dalam penelitian ini, langkah pertama yang dilakukan dalam menentukan metode perhitungan jumlah pesan adalah menentukan terlebih dahulu metode peramalan yang tepat untuk setiap jenis sepeda. Metode peramalan yang tepat, ditentukan dari perhitungan error pada hasil peramalan setiap metode. Metode peramalan yang digunakan adalah moving average, weighted moving average, dan exponential smoothing. Setelah hasil peramalan didapat, selanjutnya dilanjutkan dengan menghitung jumlah safety stock yang dibutuhkan berdasarkan service factor yang ditentukan oleh toko. Hasil peramalan permintaan dan safety stock, selanjutnya akan diakumulasi dan disesuaikan dengan stok real yang ada, agar dapat ditentukan jumlah pesan optimal yang dapat memenuhi jumlah ramalan permintaan dan safety stock ke depan. Hasil dari penelitian ini berupa usulan metode untuk menentukan jumlah pesan kepada supplier yang berbentuk tabel rekapitulasi yang menyesuaikan periode baru. Untuk implementasinya, owner perlu melakukan peramalan dengan metode terpilih pada software POM QM. Selanjutnya, owner menginput data rekapitulasi penjualan dan hasil peramalan yang kemudian akan dianalisis sesuai perhitungan yang disusun. Usulan tersebut dapat dijadikan metode kedepannya ketika owner akan melakukan pesanan ke supplier agar jumlah yang ditentukan tidak kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peramalan, permintaan, moving average, weighted moving average, exponential smoothing, safety stock, sevice factor.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 23 Sep 2021 09:38
Last Modified: 23 Sep 2021 09:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item