PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DI RUMAH MAKAN MUARA KAPUAS

Nugroho, Titus Agung (2021) PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DI RUMAH MAKAN MUARA KAPUAS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Titus Agung Nugroho)
160608695_bab0.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160608695_bab1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160608695_bab2.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
160608695_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
160608695_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
160608695_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160608695_bab6.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Rumah Makan Muara Kapuas merupakan sebuah rumah makan yang terletak di Jalan Kapten Haryadi, Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumah Makan Muara Kapuas memiliki konsep restoran keluarga, yang dapat menjadi tempat keluarga saling berkumpul dan menikmati sajian makanan dan minuman khas Indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh Rumah Makan Muara Kapuas berkaitan dengan pelayanan yang terkadang membuat pelanggan merasa kurang puas dan mengajukan keluhan. Keluhan pelanggan disampaikan melalui Google Review dan disampaikan langsung kepada manajemen Rumah Makan Muara Kapuas. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan atribut yang menjadi prioritas perbaikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Makan Muara Kapuas, kemudian membuat usulan perbaikan yang sesuai dengan atribut yang menjadi prioritas perbaikan sehingga dapat memenuhi kepuasan pelanggan di Rumah Makan Muara Kapuas. Penelitian ini menggunakan metode Servqual (Service Quality), metode IPA (Importance Performance Analysis), dan metode QFD (Quality Function Deployment). Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata kesenjangan antara persepsi dan harapan pelanggan adalah -0,627 yang menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan Rumah Makan Muara Kapuas secara keseluruhan, belum sesuai dengan harapan pelanggan. Dari analisis dengan menggunakan metode IPA, terdapat enam atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan, yaitu tersedia stopkontak (colokan listrik) di sekitar area meja makan, fasilitas toilet yang bersih, fasilitas playground yang memadai, fasilitas mushola yang memadai, fasilitas wastafel yang bersih, dan tersedia kotak tisu pada seluruh meja makan. Usulan perbaikan dibuat berdasarkan metode QFD (Quality Function Deployment). Usulan perbaikan yang diusulkan pada atribut tersebut adalah pengadaan kabel dan stopkontak, pengadaan alat kebersihan dan instruksi pembersihan toilet, instruksi pemeliharaan wahana playground, pengadaan karpet dan alat ibadah, pengadaan wastafel dan tempat sabun, dan pengadaan kotak tisu di seluruh meja makan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Importance Performance Analysis, Quality Function Deployment, House of Quality, Gap, Customer Satisfaction.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 04 Oct 2021 10:18
Last Modified: 04 Oct 2021 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24876

Actions (login required)

View Item View Item