PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MIE GG. SEMUT

Khoe, Abiel Ivan Rahardjo (2021) PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MIE GG. SEMUT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Khoe, Abiel Ivan Rahardjo)
170609169_bab 0.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609169_bab 1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609169_bab 2.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
170609169_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
170609169_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170609169_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170609169_bab 6.pdf

Download (962kB)

Abstract

Mie Gg. Semut merupakan usaha keluarga yang dikelola sejak tahun 1946 yang berlokasi di kota Semarang, Jawa tengah. Kendala yang sedang dihadapi oleh Mie Gg. Semut adalah penurunan penjualan dan belum mampu untuk beradaptasi dengan teknologi digital marketing. Sehingga dalam penelitian ini akan dibahas lebih lanjut mengenai faktor SWOT, dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk menentukan strategi digital marketing yang sesuai, juga memberikan usulan perbaikan agar Mie Gg. Semut mampu beradaptasi dengan digital marketing. Untuk mencapai ke empat tujuan tersebut, terdapat beberapa langkah yang akan ditempuh seperti tahap pendahuluan, tahap pengambilan data, tahap pengujian data, tahap analisis data, dan hasil penelitian. Melalui proses analisis menggunakan SWOT-AHP didapatkan bobot strength 0.257, weakness 0.063, opportunities 0.529, threat 0.15. Selanjutnya terpilih strategi pemasaran dengan promosi melalui media digital dengan konten yang bagus rapi dan terawat sebesar 58.8%. Sedangkan pada analisis deskriptif didapatkan jumlah media sosial dengan pengguna terbanyak yaitu Whatsapp dengan jumlah pengguna 97% dan disusul Instagram dengan jumlah pengguna 91% dari total responden. Dalam mengetahui faktor kepentingan pada sebuah aplikasi dilakukan analisis menggunakan metode ROC, dan didapatkan urutan dari faktor terpenting sebagai berikut 1. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi, 2. Kemudahan dalam mencari informasi baru, 3. Kemudahan dalam berkomunikasi, 4. Kemudahan dalam bertransaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Digital Marketing, SWOT-AHP, Metode ROC
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 05 Oct 2021 09:16
Last Modified: 05 Oct 2021 09:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24885

Actions (login required)

View Item View Item