Pengaruh Citra Merek L’Oreal pada Brand Extension terhadap Brand Attitude dan Tingkat Brand Trust (Studi Eksplanatif pada L’Oreal Men Expert di Kalangan Atlet Puslatda PON DIY 2012)

Putri, Margareta Anindias Sukma (2012) Pengaruh Citra Merek L’Oreal pada Brand Extension terhadap Brand Attitude dan Tingkat Brand Trust (Studi Eksplanatif pada L’Oreal Men Expert di Kalangan Atlet Puslatda PON DIY 2012). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03319.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03319.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03319.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03319.pdf

Download (940kB) | Preview

Abstract

Awalnya perawatan wajah identik untuk para wanita. Kini mulai berkembang tren pria yang mulai sadar untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Belum adanya merek perawatan wajah khusus untuk pria, mengilhami PT. L’Oreal untuk mengeluarkan L’Oreal Men Expert yaitu perawatan wajah khusus pria yang merupakan perpanjangan brand dari merek perawatan wajah L’Oreal. Penggunaan nama L’Oreal pada L’Oreal Men Expert agar konsumen tidak merasa asing pada merek baru ini dan citra positif dari merek sebelumnya diharapkan dapat mempengaruhi konsumen. Pengaruh yang diharapkan dalam penlitian ini adalah brand attitude dan tingkat brand trust, karena semakin tertarik dan semakin percaya konsumen kepada suatu merek akan semakin besar keinginan konsumen untuk membeli dan juga untuk loyal terhadap merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek pada brand extension terhadap brand attitude produk L’Oreal Men Expert dan juga untuk mengetahui pengaruh brand attitude terhadap tingkat brand trust produk L’Oreal Men Expert. Terdapat 3 variabel dalam penelitian ini yaitu citra merek pada brand extension (variabel bebas), brand attitude (variabel antara), brand trust (variabel terikat). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran, persepsi, citra merek, brand, brand extension, brand attitude, dan brand trust. Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Sama halnya dalam penelitian ini, produsen (PT.L’Oreal) menyampaikan informasi berupa citra merek melalui kegiatan pemasaran pada konsumennya untuk memperkenalkan produknya yang merupakan brand extension (perpanjangan brand). Pengetahuan akan merek merupakan langkah awal timbulnya persepsi yang akan membentuk citra merek dari brand extension dalam rangka mendorong munculnya brand attitude dan tingkat brand trust. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pendekatan judgement sampling, sebanyak 54 responden pria, dengan kriteria pernah menggunakan L’Oreal dan mengetahui bahwa L’Oreal sekarang juga memiliki produk khusus pria. Teknik pengumpulan data primer yang dilakukan yaitu menggunakan kuesioner, kemudian buku, laporan, dan artikel yang berkaitan (sekunder). Untuj uji validitas, digunakan metode product moment dengan syarat valid rhitung ≥ rtabel dengan taraf signifikansi 95%. Uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach dengan syarat reliabel > 0,60. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang cukup kuat dari citra merek pada brand extension terhadap brand attitude dengan nilai 0,564 dan sig 0,000 dan ada pengaruh yang cukup kuat pada brand attitude terhadap tingkat brand trust dengan nilai 0,686 san sig 0.000. Peneliti berikutnya disarankan untuk dapat meneliti faktor lain yang mempengaruhi munculnya brand attitude selain citra merek pada brand extension dan faktor lain yang mempengaruhi munculnya brand trust selain brand attitude, disarankan pula untuk menggunakan metode kualitatif agar jawaban yang didapat lebih mendalam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, citra merek, brand extension, brand attitude, brand trust.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:29
Last Modified: 01 May 2013 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item