PEDO, KRISANTUS SATRIO WIBOWO (2020) KAJIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL JALAN RUTE YOGYAKARTA MENUJU YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (KRISANTUS SATRIO WIBOWO PEDO)
18 51 02838_0.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
18 51 02838_1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
18 51 02838_2.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
18 51 02838_3.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
18 51 02838_4.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text
18 51 02838_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
18 51 02838_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA) memberikan dampak yang signifikan pada rute ruas jalan menuju YIA khususnya pada kelayakan ruas jalan tersebut terhadap standar pelayanan minimal yang berlaku. Kedua rute yang terdampak adalah rute Jalan Nasional Wates dan rute Jalan Bantul – YIA. Kondisi eksisting kedua rute akan diteliti untuk untuk mengetahui kelayakan menurut standar pelayanan minimal yang berlaku baik itu sebelum atau sesudah operasional YIA. Pada penelitian ini, kedua rute dibagi atas beberapa segmen, rute Jalan Nasional Wates dibagi atas 6 segmen sedangkan rute Jalan Bantul – YIA terbagi atas 5 segmen. Parameter yang akan diteliti adalah kinerja ruas jalan serta parameter yang terdapat pada Peraturan Menteri No. 1 Tahun 2014 mengenai Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta dilengkapi dengan Peraturan Menteri No. 14 Tahun 2010 mengenai Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, yaitu LHRT, lebar jalan, lebar bahu jalan, rambu, APILL, kondisi permukaan jalan dan kecepatan lalu lintasHasil perhitungan kinerja ruas jalan esksiting dan sesudah operasional YIA kedua rute memiliki kinerja jalan terburuk pada segmen a dan b untuk rute Jalan Nasional Wates dan segmen a pada rute Jalan Bantul – YIA. Operasional YIA terbukti berdampak pada penurunan kinerja ruas jalan pada kedua rute. Secara keseluruhan kedua rute memenuhi standar pelayanan minimal untuk rambu serta APILL, kerataan permukaan jalan dengan persentase kondisi layak lebih dari 60%, namun belum seluruhnya memenuhi syarat lebar efektif dan bahu jalan. Setelah dilakukan pelebaran jalan menurut standar pelayanan minimal, kondisi kinerja ruas jalan kedua rute mengalami peningkatan drastis baik saat kondisi eksisting atau saat operasional YIA, namun hanya berlangsung beberapa tahun kedepan saja. Solusi alternatif lain selain pelabaran jalan adalah dengan mengurangi volume lalu lintas yang dibebankan ke ruas jalan dan menunjukan hasil yang efisien pada 25% dari volume total penumpang YIA. Memindahkan sejumlah volume pergerakan penumpang ke moda transportasi umum menjadi salah satu cara dalam menangani permasalahan kinerja jalan ini yang tentunya disertai dengan perubahan geometrik ruas jalan serta manajemen lalu lintas yang ada.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | transportasi, Yogyakarta International Airport, standar pelayanan minimal, kinerja ruas jalan. |
Subjects: | Magister Teknik Sipil > Transportasi |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 12:13 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 12:13 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25311 |
Actions (login required)
View Item |