PENGARUH KETERLIBATAN TERHADAP PENGGUNAAN SUMBER INFORMASI DALAM PEMBELIAN MOBIL BARU DENGAN MOTIVASI HEDONIK DAN MOTIVASI UTILITARIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Aristianto, Try Prabowo (2021) PENGARUH KETERLIBATAN TERHADAP PENGGUNAAN SUMBER INFORMASI DALAM PEMBELIAN MOBIL BARU DENGAN MOTIVASI HEDONIK DAN MOTIVASI UTILITARIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Try Prabowo Aristianto)
14 03 21412 0.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 03 21412 1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 03 21412 2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
14 03 21412 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
14 03 21412 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img]
Preview
Text
14 03 21412 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsumen akan selalu terlibat dalam proses pencarian informasi tentang suatu produk atau jasa. Keterlibatan konsumen akan semakin tinggi pada tingkat pembelian yang rumit apa pada produk dengan harga yang mahal. Dalam pencarian informasi (keterlibatan), konsumen akan menggunakan berbagai macam sumber informasi yang ada. Proses pencarian informasi diharpkan dalam menyenangkan dan mampu memberikan manfaat yang besar.. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan terhadap penggunaan sumber informasi dalam pembelian mobil baru dengan motivasi hedonik dan motivasi utilitarian sebagai variabel memoderasi. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji perbedaan tingkat penggunaan sumber informasi berdasarkan karakteristik personal konsumen. Penelitian dilakukan pada 120 orang yang telah mengunjungi outlet mobil dan memiliki rencana untuk membeli mobil baru dalam kurun waktu 6 bulan kedepan. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari path analysis, independent sample t-test dan oneway anova. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa motivasi hedonis dan motivasi utilitarian memoderasi (memperkuat) pengaruh keterlibatan terhadap penggunaan sumber informasi. Konsumen dengan tingkat pendidikan yang semakin tinggi memiliki kecenderungan yang lebih tinggi pula dalam menggunakan lebih banyak sumber-sumber

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan, motivais hedonis, motivasi utilitarian, dan penggunaan sumber informasi
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2021 11:41
Last Modified: 17 Nov 2021 11:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25344

Actions (login required)

View Item View Item