PERUBAHAN SOSIAL PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI DESA (SID) DI DESA MURTIGADING, KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL, DIY

RIA, MARIA FEBRONIA WAWUNG (2021) PERUBAHAN SOSIAL PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI DESA (SID) DI DESA MURTIGADING, KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL, DIY. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARIA FEBRONIA WAWUNG RIA)
141005499 0.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141005499 1.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
141005499 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
141005499 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
141005499 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran dan perkembangan teknologi memegang pengaruh yang cukup besar pada berbagai bidang kehidupan manusia. Teknologi menjadi salah satu agen berubahnya pola kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam sistem birokrasi dan pelayanan publik. Sistem Infromasi Desa (SID) adalah salah satu perkembangan teknologi sebagai sebuah praktik pemerintahan yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Peneliti ingin mengetahui penggunaan teknologi SID oleh pemerintah desa dalam pelayanan publik serta mengetahui perubahan pasca penerapan teknologi SID di Desa Murtigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teori determinisme teknologi untuk melihat perubahan pasca penggunaan teknologi SID oleh pemerintah terutama sebagai peningkatan kualitas pelayanan publik. Adanya penemuan dalam teknologi informasi berbasis jaringan internet telah membawa perubahan dalam sistem birokrasi dalam peningkatan pelayanan publik. Kehadiran SID sebagai jawaban terhadap urusan birokrasi yang berbelit-belit dan susah. Pemanfaatan teknologi SID oleh pemerintah desa berdampak positif dalam perubahan peningkatan pelayanan publik dalam hal ini ada tiga yaitu, pertama perubahan pelayanan administrasi yaitu terjadi perubahan proses cara kerja lama yang panjang menuju yang baru berbasis teknologi seperti pembuatan KTP, KK, dan surat administrasi lainnya. Kedua perubahan pelayanan informasi, dimana teknologi SID mengubah cara pengelolaan informasi dan akses informasi dari konvensional berubah dengan basis internet atau online. Ketiga sebagai promosi produk, pemerintah memanfaatkan SID untuk mempromosikan produk usaha lokal warga Desa Murtigading.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknologi SID, Perubahan Kualitas Pelayanan
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:52
Last Modified: 22 Nov 2021 13:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25414

Actions (login required)

View Item View Item